Tiket Pesawat Mahal, Pemesanan Bus Saat Lebaran Naik 300% di Traveloka

Desy Setyowati
24 Juni 2019, 12:07
Traveloka pemesanan tiket bus saat Lebaran 2019, tiket pesawat
Desy Setyowati/Katadata
Ilustrasi, Head of Marketing Accommodation Indonesia Traveloka Shirley Lesmana; PR Director Sufintri Rahayu dan Head of Growth Management Tranportation Product Iko Putera. Traveloka mencatat, pemesanan tiket bus saat Lebaran 2019 meningkat 300% dibanding periode non-peak season.

Perusahaan penyedia layanan perjalanan berbasis online (Online Travel Agent/OTA) Traveloka mencatat, pemesanan tiket bus saat Lebaran 2019 meningkat 300% dibanding periode non-peak season. Berkaca dari tingginya minat terhadap layanan bus, Traveloka pun menggandeng Sinar Jaya.

Saat ini, Traveloka bermitra dengan lebih dari 110 perusahan otobus di Indonesia. CEO Transport Traveloka Caesar Indra mengatakan, layanan transportasi darat, khususnya bus mulai diminati oleh pengguna.  “Hal ini menjadi pemicu bagi kami untuk menggandeng lebih banyak lagi perusahaan otobus,” katanya dalam siaran pers, Senin (24/6).

Advertisement

Gencarnya pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia, menurut dia, menjadi salah satu aspek yang mendorong peningkatan jumlah pengguna moda transportasi darat. Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, penumpang bus naik setelah jalan Tol Trans Jawa resmi beroperasi.

(Baca: Pendapatan Traveloka dari Jual Tiket Pesawat ke Luar Negeri Naik 70%)

Karena itu, Traveloka memperluas kemitraannya dengan perusahaan otobus. “Tidak hanya berfokus pada kuantitas saja, kami juga menjaga kualitas dengan memastikan para mitra otobus Traveloka memiliki pelayanan terdepan,” kata dia.

Traveloka bermitra dengan Sinar Jaya karena memiliki jumlah armada dan cakupan rute lebih dari 200 tujuan di Jawa dan Sumatra. Traveloka mengklaim, perusahaannya menjadi platfrom pemesanan tiket secara online pertama di Indonesia yang menjual tiket resmi bus Sinar Jaya. 

Direktur  Sinar Jaya Rasidin Karyana optimistis, kemitraan dengan Traveloka bisa meningkatkan transaksi. Berdasarkan kajian internalnya, merek Sinar Jaya semakin dikenal karena kampanye pemasaran yang dilakukan Traveloka. Hal itu tercermin dari tingginya penjualan tiket bus Sinar Jaya di Traveloka pada periode awal kerja sama, terutama saat Lebaran 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement