Janjikan Garansi, Huawei Sebut 17 Ponselnya Bisa Diperbarui Android Q

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Sorta Tobing

25/6/2019, 10.01 WIB

Huawei menjanjikan uang kembali apabila aplikasi seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, YouTube, dan Gmail gagal berfungsi di 17 ponselnya.

garansi huawei, huawei bisa diperbarui os android q, perang dagang as-tiongkok
123RF.com
Huawei Technologies menyebut 17 ponselnya bisa diperbarui sistem operasi (OS) Android Q.

Huawei Technologies menyebut 17 ponselnya bisa diperbarui sistem operasi (OS) Android Q. Sebelumnya, perusahaan juga menjanjikan uang kembali apabila aplikasi seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, YouTube, dan Gmail gagal berfungsi di ponsel pintarnya (smartphone) dalam waktu dua tahun setelah pembelian.

Huawei mengatakan bahwa perusahaannya optimistis bahwa 17 ponselnya tersebut dapat mengakses OS Android Q, apalagi mereka telah melakukan persiapan dan pengujian teknis terhadap ponsel-ponselnya . “Kami bahkan telah bekerja dengan pihak ketiga selama berbulan-bulan untuk memastikan perangkat kami akan dapat menerima pembaruan dari OS tersebut,” ujar Huawei seperti dikutip dalam rilisnya di Huawei Answers, Selasa (25/6).

Ia memastikan, konsumen yang telah atau akan membeli smartphone Huawei, dapat terus mengakses berbagai aplikasi seperti yang selalu mereka lakukan. “Semua perangkat terus dicakup oleh garansi pabrik kami dan akan menerima dukungan layanan penuh yang sesuai,” ujarnya.

Meskipun Google menangguhkan bisnis dengan Huawei untuk mematuhi daftar hitam perusahaan dari pemerintah Amerika Serikat, perusahaan asal Tiongkok tersebut akhirnya telah memberi kepastian bahwa setidaknya 17 ponselnya tersebut masih dapat berfungsi pada OS Android Q.

Adapun, 17 ponsel Huawei yang dipastikan akan mendapat pembaruan dari Android Q adalah P30 Pro, P30, Mate 20, Mate 20 Pro, PORSCHE DESIGN Mate 20 RS, P30 lite, P smart 2019, P smart+ 2019, P smart Z, Mate 20 X, Mate 20 X (5G), P20 Pro, P20, Mate 10 Pro, PORSCHE DESIGN Mate 10, Mate 10, dan Mate 20 Lite.

(Baca: Penjualan Turun, Huawei Prediksi Pendapatan Anjlok Rp 429 Triliun)

Garansi Uang Kembali

Sebelumnya, sehari setelah CEO dan pendiri Huawei Ren Zhengfei mengatakan perusahaan dapat kehilangan angka pendapatannya di 2019 sebanyak US$ 30 miliar, program garansi pertamanya pun muncul.

Garansi itu menjanjikan bahwa Huawei sepenuhnya akan mengembalikan harga smartphone-nya jika aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube dan Gmail berhenti berfungsi dalam waktu dua tahun setelah pembelian. Namun, garansi itu baru akan ada di Filipina saat ini.

Adapun, tawaran ini merupakan respons yang jelas terhadap pasar penjualannya yang semakin melemah dan hal ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

(Baca: Huawei Tunda Peluncuran Ponsel Lipat Mate X, Bantah Imbas Sanksi AS)

Menurut Forbes, media lokal di Filipina melaporkan dealer (pedagang) ponsel menawarkan garansi tersebut pada perangkat Huawei yang dapat dibeli hingga Agustus. Huawei pun mengkonfirmasi tawaran itu. "Ini adalah inisiatif dari distributor kami dengan dealer kami," ujar Huawei pada Selasa pekan lalu.

Tahun lalu, Huawei mencatat pertumbuhan perusahaannya hingga mencapai pendapatan US$ 100 miliar untuk pertama kalinya. Rekor pertumbuhan itu kini telah diakhiri akibat dari imbas sanksi daftar hitam yang diberikan oleh pemerintah AS. Hal itu pun memberikan dampak terhadap penurunan konsumennya.

Sebelumnya, Huawei tercatat memegang posisi kedua untuk penjualan ponsel pintar secara global pada kuartal I-2019 setelah Samsung dan disusul oleh Apple. Namun, kini perusahaan tersebut kalah dari kedua perusahaan tersebut. 

Adapun, perusahaan asal Tiongkok itu tidak ingin menyerah setelah mengetahui pendapatannya akan menurun pada tahun ini dan berikutnya akibat imbas dari AS tersebut. "Huawei akan melihat kehidupan baru pada tahun 2021," ujar Ren.

(Baca: Huawei Siapkan 1 Juta Ponsel dengan Sistem Operasi HongMeng)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN