Anak Usaha Grab, Kudo Target Gaet 4 Juta Agen hingga 2021

Cindy Mutia Annur
28 Juni 2019, 05:00
Ilustrasi, agen Kudo. Kudo target empat juta agen hingga 2021.
Instagram/kudo_indonesia
Ilustrasi, agen Kudo. Kudo target empat juta agen hingga 2021.

Perusahaan penyedia layanan jual-beli berbasis online, Kudo menargetkan empat juta agen bergabung hingga 2021. CEO sekaligus Co-Founder Kudo Agung Nugroho optimistis target tersebut bisa tercapai, karena pertumbuhan agen rerata 44% setiap tahun.

Agen yang dimaksud adalah pemilik warung atau peretail yang menggunakan teknologi Kudo. Anak usaha Grab ini telah memiliki dua juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia. “Paling tidak dalam satu sampai dua tahun ke depan kami bisa mencapai double,” kata dia di Jakarta, Kamis (27/6).

Agung menyampaikan, pertumbuhan agen  Kudo paling pesat terjadi di Aceh, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Sumatera Barat. Alhasil, pertumbuhan transaksi di kelima provinsi itu tumbuh 132% sepanjang tahun lalu.

(Baca: Tambah Pendapatan Toko, Kudo Menarik Hati Grab dan East Ventures)

Kudo juga berencana ekspansi ke negara lain. "Tapi mungkin tidak dalam waktu dekat, karena dalam satu sampai dua tahun ke depan kami ingin fokus di Indonesia,” kata Agung. Di Indonesia, kebutuhan layanan jual-beli berbasis online masih tinggi.

Saat Ramadan misalnya, ia mencatat rata-rata uang yang dikirimkan melalui agen Kudo mencapai Rp 600 ribu sampai 1,5 juta sekali kirim di Indonesia. Transaksi berkirim uang melalui Kudo paling banyak terjadi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...