BI: Dana Asing yang Masuk RI Capai Rp 154 Triliun per Akhir Juni

Agatha Olivia Victoria
28 Juni 2019, 20:30
aliran modal masuk juni
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi. BI mencatat aliran dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 154 triliun sejak awal tahun hingga 27 Juni 2019.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengungkapkan, aliran dana asing yang masuk (capital inflow) ke Indonesia mencapai Rp 154 triliun sejak awal tahun hingga 27 Juni 2019. Ia menilai, tingginya aliran dana asing masuk ke Indonesia ini menunjukkan kepercayaan investor.

"Pada minggu keempat Juni, terlihat perkembangan dana asing masuk ke arah positif, sebesar Rp 154 triliun sejak awal tahun (year to date/ytd)," kata dia di Komplek BI, Jakarta, Jumat (28/6).

Advertisement

Ia mencatat, aliran modal masuk yang paling besar yakni melalui Surat Berharga Negara (SBN) dan pasar saham. Dana asing yang masuk ke SBN mencapai Rp 90 triliun. Sedangkan modal masuk melalui pasar saham sebesar Rp 60 triliun. Sisanya, dana asing masuk melalui Sertifikat BI (SBI).

(Baca: Investor Asing Belanja Saham Rp 421 Miliar, IHSG Naik 1,18%)

Dilihat dari sisi investasi saham, menurutnya kepercayaan investor asing terhadap kinerja emiten Tanah Air cukup besar. “Tentunya, investor akan memperhatikan earning (keuntungan) daripada isu korporasi,” kata dia.

Selain itu, menurutnya investor akan mengkaji pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagaimana diketahui, ekonomi Indonesia tumbuh 5,07% pada Kuartal I 2019. Pertumbuhan itu meningkat tipis dibanding periode sama tahun lalu, yang sebesar 5,06%.

Lalu, menurut dia, investor tertarik dengan imbal hasil SBN yang ditawarkan pemerintah. Hal itu terlihat dari tingginya aliran modal masuk melalui SBN.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement