Pidato Lengkap Jokowi Setelah MK Tolak Gugatan Prabowo

Michael Reily
28 Juni 2019, 10:28
pidato lengkap Jokowi
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers terkait putusan MK tentang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada persidangan semalam, Kamis (27/6), telah menolak seluruh permohonan yang dilayangkan Tim Kuasa Hukum Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Hal ini membuat pasangan nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, sah memenangkan Pilpres 2019.

Sesaat setelah keputusan itu tuntas dibacakan, Jokowi sempat memberikan pidato singkat ditemani oleh Ma'ruf Amin di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi berbicara di depan awak media sebelum bertolak ke Osaka, Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Advertisement

(Baca: Sambut Kemenangan Jokowi di Sidang MK, Rupiah Malah Dibuka Melemah)

Berikut pidato lengkap Jokowi:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semuanya.

Shalom.

Om Swastiastu.

Namo Buddhaya.

Salam kebajikan.

Bapak, ibu, dan saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Seluruh rakyat indonesia yg saya cintai..

Proses pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan legislatif yang kita lalui dalam 10 bulan terakhir telah menjadi pembelajaran, telah menjadi pendewasaan dalam kita berdemokrasi di negara kita.

Rakyat sudah berbicara, rakyat sudah berkehendak, suara rakyat sudah didengar, rakyat sudah memutuskan. Dan telah diteguhkan oleh jalur konstitusi dalam jalan bangsa yang beradab dan berbudaya.

Kita telah melampaui tahapan pendaftaran, tahapan kampanye, kemudian pencoblosan, penghitungan suara, penetapan hasil rekapitulasi oleh KPU, pengawasan oleh Bawaslu, serta penyelesaian sengketa Pilpres di Mahkamah Agung dan di Mahkamah Konstitusi.

Semua tahapan telah kta jalani secara terbuka, secara transparan, secara konstitusional. Dan syukur Alhamdulillah, malam hari ini kta telah sama-sama mengetahui hasil putusan dari Mahkamah Konstitusi.

Kita semua menyaksikan proses persidangan di Mahkamah Konstitusi yang diselenggarakan secara adil dan transparan, secara terbuka, serta disaksikan secara langsung oleh seluruh rakyat indonesia melalui televisi maupun media elektronik lainnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement