Pembangunan Indonesia Dipuji PBB, Bappenas Fokus pada Tiga Hal

Agatha Olivia Victoria
29 Juni 2019, 08:56
Koordinator Residen PBB di Indonesia Anita Nirody dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara The Fifth Annual Bappenas-UN Forum on Development Cooperation di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jumat (28/6).
Bappenas
Koordinator Residen PBB di Indonesia Anita Nirody dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara The Fifth Annual Bappenas-UN Forum on Development Cooperation di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jumat (28/6).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dalam UN Forum on Development Cooperation. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pun menjabarkan tiga aspek yang menjadi fokus kerja sama antara Indonesia dan PBB dalam mendorong pembangunan.

Pertama, memperkuat kolaborasi di dalam dan di antara badan-badan PBB melalui perencanaan dan program kerja sama pembangunan. Kedua, mendorong PBB untuk menghasilkan ide dan pendekatan yang lebih inovatif dalam mengatasi isu pembangunan.

Advertisement

Salah satu isu yang perlu diatasi adalah pendanaan pembangunan di luar bujet pemerintah. “Ini termasuk kolaborasi swasta dan pihak non-pemerintah dan pengembangan instrumen pendanaan inovatif,” kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (28/6).

(Baca: Kadin Anggap Swasta Lebih Berperan dalam Pembangunan Berkelanjutan)

Ketiga, menelaah pengetahuan atas kerja sama PBB dan Indonesia selama ini. “Kami belajar bahwa dengan berbagi praktik baik dan pengalaman, dapat meningkatkan keberlanjutan pembangunan dan menginspirasi aktor lain untuk mereplikasi dan memperluas skala dampak positif untuk masyarakat,” katanya.

Hasil dari pembahasan di forum ini akan menjadi rekomendasi dalam penyusunan kerangka kerja sama UN Partnership Development Framework (UNPDF) 2021-2025. Forum ini dihadiri oleh mitra pembangunan nasional dan perwakilan PBB di Indonesia.

PBB Memuji Pembangunan di Indonesia

Pada kesempatan itu, Koordinator Residen PBB di Indonesia Anita Nirody pun memuji kemajuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. “Pemerintah Indonesia selama ini berhasil mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)," kata Nirody.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement