Sri Mulyani: Gaji Ke-13 Sudah Cair Hampir 100%

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Sorta Tobing

2/7/2019, 21.12 WIB

Sri Mulyani mengatakan, gaji ke-13 yang belum cair terjadi karena ada perubahan DIPA untuk beberapa Satker.

gaji ke-13
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pencairan gaji ke-13 sudah mencapai 99,9%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pencairan gaji ke-13 sudah mencapai 99,9%. Terkait sisanya, yakni 0,01%, yang belum dicairkan, ia menambahkan hal ini terjadi karena ada beberapa Satker (Satuan Kerja) instansi yang sedang cuti atau berhalangan.

"Pencairan sudah 99,9% dari total anggaran dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 20 triliun," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/7).

Masih adanya perubahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) turut menjadi halangan beberapa Satker di daerah tertentu. "Tapi mayoritas semuanya sudah dibayarkan gaji ke-13 masing-masing pada hari ini," ucap dia.

Gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga belas Kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan dengan besaran yang sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya.

(Baca: Kemenkeu Isyaratkan Kenaikan Gaji dan Pensiun ASN Tahun Depan)

Selain itu, komponen gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan akan berbeda. Gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja. Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

Gaji ke-13 berbeda dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Pemerintah mengalokasikan gaji ke-13 untuk kebutuhan pendidikan anak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki tahun ajaran baru.

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan