Anak Usaha Telkomsel Suntik Modal Kredivo

Penulis: Desy Setyowati

3/7/2019, 18.38 WIB

MDI Ventures mengidentifikasi sejumlah kolaborasi dan sinergi yang mungkin dilakukan bersama Kredivo, melalui investasi ini.

Telkomsel melalui anak usahanya, suntik modal Kredivo
Kredivo
Ilustrasi, Kredivo. Telkomsel melalui anak usahanya, suntik modal Kredivo.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melalui anak usahanya, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) menanamkan modal ke perusahaan teknologi finansial di bidang pinjaman (fintech lending), Kredivo. Namun, TMI enggan menyebutkan besaran investasinya.

TMI merupakan anak usaha Telkomsel bersama MDI Ventures. Kedua perusahaan ini juga berada di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). CEO TMI Andi Kristianto menilai, Kredivo memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel di Indonesia.

Dia mengatakan, investasi ini bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk segmen profesional muda. “Ini juga sekaligus  untuk memajukan ribuan pengusaha retail Indonesia dengan memberikan alternatif layanan finansial yang menjangkau segmen yang lebih luas,” katanya dalam siaran pers, Rabu (3/7).

(Baca: Bentuk Unit Investasi untuk Startup, Telkomsel Siapkan Rp 576 Miliar)

CEO MDI Ventures Nicko Widjaja menambahkan, perusahaannya telah mengidentifikasi sejumlah kolaborasi dan sinergi melalui investasi di Kredivo ini. “Kerja sama ini sangat menguntungkan karena kedua belah pihak dapat go-to-market secara bersama-sama,” kata dia.

Kredivo merupakan merek dagang yang dimiliki PT FinAccel Digital Indonesia. Fintech pinjaman ini bekerja sama dengan beragam e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Perusahaan ini juga menggandeng layanan sistem kasir online, Moka. Dengan begitu, Kredivo memiliki pasar yang cukup besar.

(Baca: Pegipegi Gandeng Kredivo Sediakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit)

CEO FinAccel Akshay Greg mengatakan, pertumbuhan pengguna internet dan ponsel pintar (smartphone) di Indonesia tergolong cepat. Hal ini berdampak pada meningkatnya transaksi secara non-tunai di Tanah Air.  Karena itu, perusahannya merambah sektor e-commerce.

Dia berharap, dukungan dari Telkomsel ini meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap layanan Kredivo. “FinAccel dan Telkomsel memiliki tujuan yang sama dalam membangun produk finansial yang terpercaya dan mampu menghilangkan kesulitan transaksi,” katanya.

Kredivo menganalisis data calon peminjam menggunakan algoritma untuk melakukan penilaian kredit (credit-scoring). Dengan cara ini, Akshay optimistis bisa membuka akses untuk pemberian kredit bagi kelompok konsumen baru. 

(Baca: Gandeng Moka, Kredivo Hadirkan Kredit Digital pada Transaksi Offline)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan