Jelang Musim Haji, Pertamina Perbesar Stok Avtur di Dua Bandara

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Ratna Iskana

4/7/2019, 20.08 WIB

Pertamina MOR V memperkirakan kebutuhan total Avtur untuk penerbangan haji 2019 di Bandara Juanda 16,8 ribu KL dan di Lombok 2.705 KL.

pertamina, avtur, musim haji
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, mobil tangki Pertamina. Pertamina menyatakan, konsumsi avtur untuk pemberangkatan haji melalui Bandara Juanda diproyeksi naik sebesar 2,3% atau sebesar 100 kiloliter (KL)/penerbangan. Sedangkan konsumsi avtur di Bandara Internasional Lombok meningkat sebesar 11% atau mencapai 122 KL/penerbangan.

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V memproyeksi peningkatan konsumsi avtur untuk penerbangan haji 2019 melalui Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Internasional Lombok (BIL). Unit Manager Communication & CSR MOR V Rustam Aji mengatakan,  konsumsi avtur untuk pemberangkatan haji melalui Bandara Juanda diperkirakan naik 2,3 % atau 100 kiloliter (KL) per penerbangan. 

Sedangkan konsumsi avtur di BIL meningkat sebesar 11 % atau mencapai 122 KL per penerbangan. “Estimasi kami, kebutuhan total avtur untuk penerbangan haji 2019 di Juanda sebesar 16.885 KL dan di Lombok sebesar 2.705 KL,” kata Rustam dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7).

Peningkatakn konsumsi avtur di dua bandara tersebut karena penambahan dua kloter jemaah haji dari Surabaya dan satu kloter dari Lombok. Totalnya terdapat 85 kloter jemaah haji yang berangkat melalui Bandara Juanda dan 11 kloter jemaah haji melalui Bandara Internasional Lombok.

(Baca: Mulai Bulan Ini, Pertamina Hentikan Impor Solar dan Avtur)

“Pertamina akan menjamin ketersediaan avtur dan mengoptimalkan ketepatan waktu pengisian ke pesawat,” ujarnya.

Pertamina meningkatkan persediaan avtur di Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Juanda selama Juli sampai September menjadi 1.075 KL per hari, naik 10 % dari persediaan normal sebesar 975 KLper hari . Untuk DPPU BIL, persediaan avtur ditingkatkan menjadi 102 KL per hari, naik 52 % dari normal 67 KL per hari.

Selain menyiapkan stok Avtur di DPPU dan Terminal BBM terdekat, Pertamina juga menyiapkan sumber daya manusia dan sarana fasilitas untuk pengisian avtur ke pesawat. “Kami juga melakukan koordinasi yang intens dengan Angkasa Pura I Juanda untuk menjaga kelancaran dan ketepatan pelayanan dengan baik, aman dan lancar,” kata Rustam.

(Baca: Menag: Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Akan Diprioritaskan untuk Lansia)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha