JK Harap Rekonsiliasi, Ma'ruf Undang Prabowo ke Pelantikan Presiden

Michael Reily
4 Juli 2019, 17:31
pertemuan jokowi prabowo
Katadata | Arief Kamaludin
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan pentingnya rekonsiliasi antara Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Presiden Nomur Urut 02 Prabowo Subianto.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan pentingnya rekonsiliasi antara Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Calon Presiden Nomur Urut 02 Prabowo Subianto. Dia menjelaskan pertemuan kedua tokoh itu bakal menyatukan masyarakat.

Sebelumnya, JK melakukan pertemuan dengan Prabowo pada 24 Mei lalu. "Harapannya, segera kita rekonsiliasi, bersatu kembali, sehingga dua polarisasi masyarakat kembali bersatu," katanya di Jakarta, Kamis (4/7).

Advertisement

JK enggan menceritakan pembicaraan antara dirinya dan Prabowo dalam pertemuan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, itu. Dia juga tak menjawab pertanyaan tentang permintaan khusus Prabowo serta isu pembebasan tahanan yang tertangkap saat kerusuhan 21-22 Mei 2019 di sekitar Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dia menegaskan pembebasan tahanan kerusuhan merupakan urusan Kepolisian Republik Indonesia. "Pertemuan tertutup, ya tertutup juga hasilnya," ujar JK singkat.

Sementara itu, Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin yang mengunjungi Kantor Wakil Presiden JK pagi tadi juga tidak membeberkan banyak hal. Kunjungan Ma'ruf dalam rangka membicarakan tugas sebagai wakil presiden.

Ma'ruf mengungkapkan pertemuan antara kedua tokoh hanya menunggu momen. Dia bahkan mengundang Prabowo datang ke pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019 nanti. "Tunggu saja saatnya. Pak Jokowi sudah bilang harap datang (pelantikan)," kata Ma'ruf.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement