Incar Kursi Ketua MPR, Cak Imin Minta Bantuan Ma'ruf Amin

Image title
Oleh Antara
5 Juli 2019, 18:11
Cak Imin minta bantuan Maruf duduki kursi ketua MPR
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menincar kursi Ketua MPR di periode parlemen mendatang.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyasar kursi Ketua MPR RI pada periode DPR/MPR mendatang. Dia meminta dukungan Wapres RI terpilih Ma'ruf Amin untuk menjadi Ketua MPR RI.

Cak Imin menyatakan dia telah menyampaikan kepada Ma'ruf mengenai keinginannya sebagai pimpinan Ketua MPR RI. "Kami minta doa restunya agar sukses dalam lobi-lobi pimpinan MPR nanti," kata Cak Imin usai bertemu Ma'ruf Amin, di kediaman Rumah Situbondo, Jakarta, Jumat (5/7) seperti dilansir dari Antara.

(Baca: PKB Minta Jatah 10 Kursi Menteri, Nasdem Merasa Berhak Lebih Banyak)

Dia mengatakan posisi Ketua MPR RI sangat penting karena gairah Islam tengah menguat di Indonesia saat ini. "Gairah Islam itu harus dijembatani melalui penguatan empat pilar kebangsaan dan NU punya modal itu," kata Cak Imin yang menjabat sebagai Wakil Ketua MPR pada periode sekarang.
 
Menanggapi permintaan Cak Imin, Ma'ruf Amin menyatakan akan membicarakannya dengan Presiden dan partai-partai koalisi."Tentu orang yang dekat dengan saya, saya dukung," kata Ma'ruf.

Dia mengatakan saat ini seluruh pihak harus membangun kembali ideologi nasional. Dia menekankan ideologi nasional harus dilakukan penguatan karena banyak yang sudah terpapar.

(Baca: Tak Mau Kalah dengan Cak Imin, Golkar Juga Incar Kursi Ketua MPR)

"Karena itu perlu ada upaya-upaya menjadikan moderasi sebagai arus utama. Harus ada kelembagaan-kelembagaan yang diperkuat," terang Ma'ruf.

Pada Pilpres 2019, Cak Imin pernah mengincar kursi wakil presiden berdampingan dengan Jokowi. Namun, rencana Cak Imin gagal dan PKB tetap mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...