Pameran Asosiasi Pemkab Ditaksir Raup Investasi Rp 2 Triliun

Rizky Alika
5 Juli 2019, 21:41
pameran apkasi
Humas APKASI
Serah Terima Pataka APKASI dan Buku Laporan Kegiatan 2016-2019 antara Abdullah Azwar Anas (kiri) dan Mardani H. Maming (kanan) sebagai simbolis pergantian tampuk pimpinan Ketua Umum APKASI, disaksikan para Pengurus APKASI dalam kegiatan Rapat Dewan Pengurus APKASI, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.

Pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tahun ini diperkirakan dapat meraup investasi sebesar Rp 1-2 triliun. Perkiraan tersebut lebih rendah dari capaian pameran tahun lalu sebesar Rp 2,5 triliun.

"Memang lebih rendah. Tapi biasanya setelah pameran ini, ada tindak lanjut dari pengunjung yang datang," kata Penanggung Jawab Business Matching Apkasi Mukhlis Habidi di Jakarta Convention Center, Jumat (5/7).

APKASI menggelar kegiatan tahunan, APKASI Otonomi Expo 2019 yang berlangsung 3 hari mulai 3 Juli hingga 5 Juli 2019 di JCC. Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

(Baca: Azwar Anas Terpilih sebagai Ketua Umum APKASI yang Baru)

Mukhlis lebih lanjut menyatakan terdapat sepuluh nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang dibuat dengan investor. Nota kesepahaman tersebut akan ditindaklanjuti oleh masing-masing daerah dengan calon investor. Beberapa kerja sama tersebut berada di Musi Banyuasin, Siak, dan Gorontalo.

Hingga saat ini, Apkasi mencatat jumlah investasi sementara melalui pameran Apkasi mencapai Rp 30 miliar. Jumlah tersebut berdasarkan 30% data yang sudah diperhitungkan melalui kuesioner.

Investasi tersebut sebagian besar pada komoditas kopi. Kemudian, investasi lainnya merupakan komoditas kakao, karet, sawit, dan kayu non hutan.

Sementara, investasi pada sektor pariwisata akan didorong pada pameran Apkasi 2020. "Tahun depan kami fokus rencana ke pariwisata. Tapi kami sudah mulai kick off workshop pariwisata yang menghadirkan beberapa daerah," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...