Spotify Tak Lagi Sediakan Fitur Unggah Musik Secara Langsung

Penulis: Michael Reily

Editor: Desy Setyowati

6/7/2019, 12.32 WIB

Beberapa musisi di AS kecewa dengan keputusan Spotify yang menghentikan fitur unggah musik secara langsung.

Spotify menghentikan fitur unggah musik secara langsung.
Instagram/@spotify
Ilustrasi Spotify menghentikan fitur unggah musik secara langsung.

Penyedia layanan streaming musik, Spotify menghentikan fitur unggah musik per 30 Juli. Padahal, fitur ini memungkinkan musisi indie untuk mengunggah musik mereka sendiri melalui platform tersebut.

Spotify mengungkapkan dua alasan utama pembatalan fitur tersebut. Pertama, Spotify telah bekerja sama dengan mitra distribusi untuk memastikan kualitas metadata dan menjaga karya musisi secara hukum.

“Terima kasih kepada para seniman yang berpartisipasi dalam unggahan beta kami,” kata Spotify dalam pengumuman resminya kepada para musisi dikutip dari Tech Crunch, beberapa waktu lalu (1/7).

(Baca: Mirip InstaStory, Spotify Bakal Rilis Fitur Storyline)

Kedua, Spotify memilih fokus pada fitur yang diklaim lebih unik bagi musisi seperti Spotify for Artists, yang telah digunakan oleh 300 ribu pengguna. Spotify percaya bahwa distribusi musik akan lebih baik ditangani oleh mitra.

Dengan demikian, lagu yang sudah diunggah akan dialihkan ke mitra Spotify. “Kami bekerja sama dengan mitra distribusi untuk membuat transisi ini sesederhana mungkin bagi para seniman yang mengunggah musik melalui beta,” kata Spotify.

Perusahaan ini menunjuk DistroKid, CD Baby, dan EmuBands sebagai mitra distribusinya. Di satu sisi, Spotify juga berinvestasi di DistroKid. Layanan streaming ini juga berencana untuk mengintegrasikan dashboard Spotify for Artists dengan DistroKid.

(Baca: Amazon Siapkan Layanan Musik Gratis, Saham Spotify Turun)

Namun, para musisi kecewa dengan keputusan Spotify menghentikan fitur tersebut. “Saya kaget fitur itu harus berhenti. Tetapi, saya juga tidak berpikir bahwa fitur yang memungkinkan semua orang mengakses gratis itu akan berlanjut,” kata salah satu musisi asal AS, LRKR lewat akun Twitter-nya @LRKRMusic, beberapa waktu lalu (3/7).

Adapun fitur unggah musik itu diperkenalkan pertama kali di AS pada September 2018. Spotify mencatat ada ratusan seniman yang sudah mengunggah musik melalui fitur tersebut.

(Baca: Saingi Spotify, YouTube Rilis Fitur Streaming Musik)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha