Alasan TGPF Periksa Eks Kapolda Metro Jaya dalam Kasus Novel

Image title
11 Juli 2019, 19:35
TGPF kasus Novel Baswedan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Penyidik KPK Novel Baswedan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jakarta Eye Center, Jakarta, Selasa (11/4). Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Muhammad Iriawan diperiksa sebagai saksi terkait kasus Novel Baswedan.

Tim Gabungan Pencari Fakta atau TGPF kasus Novel Baswedan telah memeriksa beberapa perwira tinggi berpangkat bintang tiga atau komisaris jenderal.  Salah satunya, mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Muhammad Iriawan.

Iriawan diperiksa sebagai saksi dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. “Untuk menepis berbagai isu, bahwa betul Komjen Pol Iriawan di dalam konteks beliau waktu itu sebagai Kapolda dan hubungannya dengan kasus Novel," kata anggota TGPF dari Setara Institute, Hendardi, di Gedung Kementrian Sekertariat Negara , Jakarta, Kamis, (11/7).

Advertisement

Hendardi menjelaskan, Iriawan beberapa kali bertemu dengan Novel. Bahkan, Iriawan sempat memberi peringatan kepada Novel terkait aksi teror yang mungkin menimpa penyidik KPK tersebut.

(Baca: Pemeriksaan Jenderal dan Fakta Menarik Temuan TGPF Novel Baswedan)

Karena itu, TGPF memeriksa Iriawan sebagai saksi. "Misalnya, Novel pernah ke Polda Metro. Iriawan juga pernah mengunjungi Novel sebelum dan sesudah kejadian. Itu yang kami periksa,” kata Hendardi.

Selain Iriawan, TGPF telah memeriksa puluhan saksi terkait kasus tersebut. Dia mengimbau agar masyarakat tidak melakukan justifikasi atas nama-nama saksi itu. Sebab, tim masih melakukan penyelidikan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement