Dikabarkan Dapat Modal, Gojek Rilis Layanan Keuangan di Thailand

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

12/7/2019, 11.38 WIB

Gojek juga akan memperluas layanan pesan-antar makanan di Thailand.

Ilustrasi, aplikasi Get. Gojek berencana merilis produk keuangan di Thailand.
Getthailand.com
Ilustrasi, aplikasi Get. Gojek berencana merilis produk keuangan di Thailand.

Perusahaan penyedia layanan on-demand Gojek berencana merilis produk keuangan di Thailand. Langkah itu ditempuh Gojek setelah menjalin kemitraan strategis untuk pengembangan bisnis dengan Siam Commercial Bank (SCB).

Gojek di Thailand bernama Get. Presiden SCB Arak Sutivong mengatakan, produk perusahaannya akan terhubung dengan Get. "SCB akan mengawasi keuangan, sementara Gojek dan Get akan menyasar layanan digital dan logistik," kata dia dikutip dari Reuters,  Kamis (11/7).

Melalui kolaborasi ini, mitra Get baik pengemudi maupun pedagang bisa memperoleh layanan keuangan dari SCB, seperti pinjaman modal usaha dan asuransi. Layanan ini juga akan menyasar konsumen Get.

Dalam kerja sama itu, Gojek juga dikabarkan memperoleh tambahan modal dari bank milik Raja Thailand Maharaja Vajiralongkorn tersebut. Tambahan modal ini kabarnya menjadi bagian dari putaran pendanaan seri F Gojek.

(Baca: Gojek Dapat Suntikan Dana dari Bank Milik Raja Thailand)

Sejalan dengan hal itu, Gojek melalui Get bakal meluncurkan layanan keuangan seperti pembayaran, pinjaman digital, dan asuransi. Rencananya, produk baru tersebut diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Get juga akan menawarkan layanan dompet digital bernama GetPay. Pengguna bisa melakukan isi ulang (top up) GetPay melalui aplikasi Kasikornbank Pcl dan SCB. “Kami akan memilih buku pedoman terbaik untuk Thailand dan dengan hati-hati menyusunnya,”  kata Head of International Gojek Andrew Lee.

Selain itu, Get akan memperluas layanan pesan-antar makanan yang diberi nama Get Food. "Kami ingin fokus pada layanan pengiriman makanan," kata Andrew.

(Baca: Get, Gojek Versi Thailand Resmi Beroperasi di Bangkok)

Get telah menggaet 20 ribu mitra, mulai dari makanan kaki lima hingga restoran berbintang melalui layanan Get Food per Februari lalu. Pengguna bisa memesan makanan dan minuman dengan jarak maksimal 15 kilometer.

Layanan pesan-antar makanan tersebut pun masih tahap uji coba di Thailand. Akan tetapi, Andrew tidak menjelaskan secara rinci kapan layanan ini akan beroperasi secara penuh. Dia hanya mengatakan, layanan serupa di Indonesia yang diberi nama Go-Food merupakan sumber pertumbuhan bisnis penting bagi Gojek.

Adapun Get beroperasi di Thailand pada akhir tahun lalu. Pada awalnya, Get menyediakan layanan berbagi tumpangan (ride-hailing) kendaraan roda dua dan pesan antar barang. Lalu, layananya diperluas hingga ke pesan-antar makanan pada awal tahun ini.

(Baca: Gojek Perluas Layanan GET ke 14 Wilayah di Bangkok)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN