Segera Umumkan Kabinet Baru, Jokowi: Menteri dari Parpol 50% atau 60%

Michael Reily
12 Juli 2019, 11:54
kabinet baru Jokowi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Jokowi sudah menyelesaikan penyusunan kabinet baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sudah menyelesaikan susunan kabinet terbaru. Jokowi menjelaskan gambaran perbandingan komposisi antara menteri dari partai politik dan profesional (nonparpol) sebesar 60:40 atau 50:50.

Jokowi berjanji bakal segera memberikan pengumuman tentang para menteri yang akan bertugas dalam waktu secepatnya. “Secepatnya (bakal ada pengumuman),” kata Jokowi di Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).

Jokowi mengungkapkan partai politik yang minta jatah menteri tidak jadi masalah karena susunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. “Ya enggak apa-apa, mau minta 9, mau minta 10, mau minta 11. Kan enggak apa-apa, wong minta aja,” katanya.

(Baca: Nama-nama Calon Menteri Muda Jokowi, dari AHY hingga Tsamara Amany )

Jokowi mengungkapkan bakal banyak menteri dari kabinet sekarang yang akan bertahan pada susunan kabinet baru. Dia menyatakan bakal ada pilihan menteri yang berusia muda, baik dari partai politik dan kalangan profesional.

Namun, Jokowi mengedepankan menteri muda yang berasal dari partai politik, meski tetap memperhatikan porsi menteri dari kalangan profesional. “Kalau tidak ada dari partai ya kami cari sendiri, profesional muda kan sekarang banyak banget,” ujarnya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...