Siapkan Rp 100 Miliar, Danamas Rilis Pinjaman bagi Petani dan Peternak

Cindy Mutia Annur
12 Juli 2019, 13:16
Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan di kandang komunal Kelompok Tani Ternak Gondang Makmur, Sumogawe, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) meluncurkan produk pinjaman terbarunya di sektor produktif yang menyasar para petani dan peternak. Sebelumnya, perusahaan fintech pinjam-meminjam ini telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 1,7 triliun per Juni 2019 yang didominasi sektor retail.

Chief Executive Officer  (CEO) Danamas Dani Lihardja menjelaskan, skema pinjaman untuk petani dan peternak akan disalurkan berupa barang, bukan uang. Misalnya, petani kelapa sawit ingin meminjam uang untuk membuat menanam sawit. Nantinya, uang pinjaman tersebut langsung diberikan kepada koperasi untuk dibelikan bibit sawit.

Advertisement

Menurutnya, skema ini dipilih untuk meminimalisir resiko pinjaman yang tidak tepat sasaran. "Jadi uangnya tidak langsung diberikan ke peminjam agar benar-benar digunakan dengan tepat," ujar Dani saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/7).

Ia menargetkan total pinjaman sebesar Rp 2,2 triliun pada akhir tahun ini. Khusus untuk sektor pertanian dan peternakan, target penyaluran kreditnya sebesar Rp 100 miliar hingga akhir 2019.

(Baca: Pemerintah Jual Obligasi SBR ke-7 Secara Online, Bunga Minimal 7,5%)

Menurutnya, produk baru ini tengah memasuki uji coba di Yogyakarta untuk pinjaman yang menyasar peternak. Sedangkan, uji coba yang menyasar pertanian berada di Pekanbaru dengan fokus tanaman sawit. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement