Para Tokoh yang Mengatur Pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT

Image title
13 Juli 2019, 15:02
orang yang mengatur pertemuan Jokowi dan Prabowo, pertemuan jokowi dan prabowo di mrt, pramono anung, edhie prabowo, erick thohir, budi gunawan, budi karya sumadi
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) berpelukan saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Kedua kontestan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 lalu ini bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan selanjutnya naik MRT dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Sabtu pagi masyarakat dan media dikejutkan dengan pertemuan presiden terpilih Joko Widodo dan rivalnya dalam Pilpres 2019 Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus. Pertemuan bersejarah yang dinantikan masyarakat pascapilpres usai ini cukup unik. Prabowo dan Jokowi bertemu di dalam kereta modern pertama di Indonesia dan makan siang di pusat perbelanjaan. Menjadi pertanyaan, siapa sebenarnya yang mengatur pertemuan ini.

Biro Pers Istana Kepresidenan baru memberitahukan agenda Presiden Jokowi,  Sabtu  (13/7) kepada media, sekitar empat jam sebelum pertemuan Jokowi dan Prabowo. Tak ada penjelasan Jokowi akan bertemu Prabowo. Informasinya hanya Presiden Jokowi akan menggunakan MRT dari Stasiun Lebak Bulus pada pukul 10.00 WIB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang ikut dalam pertemuan tersebut pun mengakui baru mengetahui agenda ini Jumat malam (12/7). Dia mengatakan hanya diminta untuk mempersiapkan Stasiun MRT untuk menyambut pertemuan kedua tokoh tersebut.

(Baca: Akhirnya Jokowi dan Prabowo Silaturahmi Sambil Menjajal MRT)

Budi mengatakan dalam pertemuan tersebut tidak ada persiapan khusus yang dilakukannya. Bahkan ia pun juga meminta agar pertemuan kedua tokoh tersebut tidak terkesan dibuat-buat. "Karena tuntutan protokol harus dibuat satu tahapan. Semua diminta agar terlihat natural. Makanya tadi semua berjalan enak," kata Budi saat ditemui di Gedung FX Sudirman, Sabtu (13/7).

Jokowi Bertemu Prabowo di MRT
Jokowi Bertemu Prabowo di MRT (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/wsj.)

Saat menggelar konferensi pers bersama Prabowo di Stasiun MRT Senayan, Jokowi mengungkapkan terima kasih kepada beberapa tokoh yang mengatur tersebut. Dia mengatakan pertemuan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Namun, karena kesibukan masing-masing, pertemuannya baru terealisasi sekarang. Prabowo sering  bepergian ke luar negeri, begitu pun Jokowi. 

"Saya sangat berterima kasih sekali atas pengaturan ini, sehingga kami bisa bertemu dengan Pak Prabowo Subianto," kata Jokowi. Meski begitu, Jokowi tidak menyebutkan siapa saja yang mengatur pertemuan ini.

(Baca: Usai Jokowi - Prabowo, Giliran Sandiaga dan Erick Serukan Persatuan)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, upaya pertemuan antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto hanya menunggu waktu yang tepat. Luhut mengaku menjalin komunikasi cukup baik dengan Prabowo. "Saya telepon-teleponan sama Pak Prabowo, enggak ada masalah," kata Luhut di Jakarta, Selasa (2/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...