Singapura Terapkan Pelajaran Pemrogaman Bagi Siswa SD pada 2020

Desy Setyowati
13 Juli 2019, 03:00
Pemerintah Singapura menerapkan pelajaran pemrogaman bagi siswa SD, coding
123rf
Ilustrasi. Pemerintah Singapura menerapkan pelajaran pemrogaman bagi siswa SD pada tahun depan.

Pemerintah Singapura menerapkan program Code For Fun (CFF) untuk mencetak lebih banyak talenta digital guna menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Karena itu, seluruh siswa sekolah dasar (SD) di Singapura akan mempelajari pemrograman alias coding pada 2020.

Program tersebut dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Otoritas Pengembangan Media Infocomm (IMDA). CFF tengah diuji coba di beberapa SD di Singapura, tahun ini. Setelah menjalani ujian kelulusan Primary School Leaving Examination (PSLE), siswa mendapat pelajaran mengenai pemrogaman selama 10 jam.

Advertisement

Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura S Iswaran mengatakan, negaranya ingin membangun ekonomi digital. “Ini adalah visi keseluruhan kami untuk menciptakan digitalisasi yang inklusif, sehingga bermanfaat bagi semua warga Singapura,” katanya dikutip dari The Independent, Jumat (12/7).

(Baca: Kominfo Alokasikan Rp 109,4 Miliar untuk 20 Ribu Talenta Digital)

Apalagi, menurutnya ada dua hal penting yang harus diantisipasi saat ini. Pertama, perkembangan teknologi. Kedua, potensi perang dagang seperti yang terjadi antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

Karena itu, menurut dia, pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi penting untuk dilakukan. “Kami harus bisa menanggapi hal-hal yang tidak terduga dan juga mengambil peluang tak terduga saat bergerak maju. Kami harus beradaptasi dengan realitas baru,” katanya.

IMDA menjelaskan, CFF akan mencakup pembelajaran terkait bahasa pemrograman berbasis visual, seperti Scratch. Konsep tersebut akan digabung dengan kit robot, seperti Lego WeDo, MoWay, dan mikrokontroler. Dengan begitu, pengalaman siswa dalam belajar pemrogaman menjadi lebih menarik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement