Donasi Digital Melalui Go-Pay Naik 400 Kali Lipat dalam Setahun
Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran Go-Pay mencatat, transaksi donasi melalui platform-nya meningkat 400 kali lipat sejak Juli tahun lalu. Karena tingginya minat donasi di Go-Pay, Gojek pun menyediakan fitur khusus bernama Go-Give pertengahan Mei lalu.
Head of Corporate Communication Go-Pay Winny Triswandhani mengatakan, perusahaannya bekerja sama dengan lebih dari 300 yayasan dan masjid untuk menyediakan layanan donasi digital. “Terjadi 400 kali lipat kenaikan donasi melalui Go-Pay sejak Juli 2018 hingga Juni 2019,” katanya kepada Katadata, Selasa (16/7).
(Baca: Gopay dan Lazismu Targetkan Donasi Digital Lebih dari Rp 13 Miliar)
Karena itu, perusahaan fintech besutan Gojek itu menggelar program bertajuk Go-Pay For Good. Go-Pay pun menggandeng Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Lembaga Amil Zakat Infaq, dan Sedekah NU (NU Care-LazisNU). NU Care-LazisNU merupakan badan otonom di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).
Winny mengatakan, kerja sama dengan NU Care-LazisNU sudah berjalan sejak Mei lalu. Ia mencatat, ada lebih dari 1.800 kali donasi melalui kode Quick Response (QR Code) Go-Pay selama sebulan terakhir. “ Hal ini menandakan adanya antusiasme dan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terkait program donasi non-tunai,” katanya.