Kementerian ESDM Terjunkan Tim Atasi Gelembung Gas di Blok ONWJ

Image title
17 Juli 2019, 21:49
blok onwj, pertamina, kementerian esdm
Katadata
Ilustrasi, rig migas lepas pantai. Pertamina Hulu Energi (PHE) fokus untuk mengatasi insiden gelembung gas dan semburan minyak di anjungan YYA Blok ONWJ

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerjunkan tim untuk mengatasi gelembung gas yang muncul di sekitar anjungan lepas pantai YYA di Blok Offshore North West Java (ONWJ). Gelembung gas muncul saat operator blok tersebut, Pertamina Hulu Energi, melakukan persiapan produksi di sumur YYA-1.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto menyatakan, Pertamina melakukan skema pengeboran miring untuk menghentikan gelembung gas. Namun, upaya tersebut mengakibatkan rig yang ada di YYA mengalami kemiringan.

"Risiko fatalnya adalah platform dan rig tenggelam. Sekarang sudah 8 derajat miringnya, sudah ada semburan minyak," ujar Djoko di Gedung Kementerian ESDM, Rabu (17/7).

(Baca: Ada Gelembung Gas di Blok ONWJ, Target Lifting Migas Bisa Tak Tercapai)

Ia belum bisa memastikan penyebab insiden tersebut. Sebab, pemerintah dan Pertamina masih fokus dalam upaya menyelamatkan para pekerja. "Dalam menangani kecelakaan, yang pertama dilakukan adalah keselamatan orang. Terakhir baru tim investigasi," kata dia.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Meidawati mengatakan pihaknya tetap akan berupaya untuk memenuhi target produksi Lapangan YY Blok ONWJ. Lapangan ini diharapkan dapat menambah produksi minyak sebesar 4.065 BOPD dan gas bumi sebesar 25,5 MMSCFD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...