Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diprediksi Stagnan Akibat Dua Faktor

Agatha Olivia Victoria
17 Juli 2019, 18:55
Ekonom Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan III 2019 Dipacu 2 Faktor
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Foto udara pemukiman dan gedung di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2019 dapat tumbuh mencapai 5,2 persen. Momentum Lebaran 2019 ia perkirakan mampu memicu permintaan domestik yang kuat serta daya tarik investasi Indonesia yang semakin tinggi.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan ketiga tetap di kisaran 5,1 %. Angka tersebut relatif stagnan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi  triwulan sebelumnya dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Josua mengatakan, siklus pertumbuhan ekonomi triwulan pertama dan ketiga biasanya lebih rendah dibandingkan dengan kuartal kedua dan keempat dalam setahun. "Perkiraan saya di kuartal ketiga angka pertumbuhannya akan sama dengan prediksi pada kuartal kedua," kata Josua kepada Katadata.co.id, Rabu (17/7).

Pada kuartal ketiga,  pertumbuhan ekonomi kemungkinan sedikit terdorong oleh sektor industri, terutama setelah diberikan berbagai fasilitas pajak. Pemberian insentif kemungkinan mendorong pertumbuhan investasi hingga memicu laju ekonomi. Peningkatan investasi triwulan ketiga juga akan terdorong oleh membaiknya iklim usaha usai penyelenggaraan Pemilu.

(Baca: Ekonomi Tumbuh di Bawah Target, Asumsi Makro Semester I 2019 Meleset )

Hal lain yang juga menurut Josua bakal menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi triwulan ketiga yakni apabila Bank Indonesia jadi memangkas suku bunga pada bulan ini. "Karena kalau suku bunga acuan BI dipangkas, cost of product-nya semakin murah. Sehingga, dari sisi daya beli juga konsumsi akan meningkat walaupun tidak ada event tahunan," katanya.

Karena itu, dia menyebutkan ekonomi akan tetap tumbuh karena kedua faktor tersebut meski tidak ada Lebaran atau Puasa. Selain itu, program pemerintah dalam meningkatkan belanja bantuan sosial (bansos) agar konsumsi tetap tumbuh solid dapat ikut mendorong konsumsi di kuartal ketiga.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...