Jokowi Sebut Blok Masela Cetak Investasi Terbesar Sejak RI Merdeka

Michael Reily
19 Juli 2019, 13:41
jokowi, blok masela, inpex corporation
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri ESDM Ignasius Jonan (tengah) didampingi Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto (kiri) dan CEO Inpex Takayuki Ueda (kanan) memberikan salam usai memberikan keterangan terkait pengelolaan Blok Masela di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait persetujuan pemerintah terhadap rencana pengembangan (PoD) Blok Masela yang diajukan oleh Inpex Corporation. Jokowi mengatakan, investasi senilai US$ 18 sampai US$ 20 miliar merupakan investasi gas terbesar.

Jokowi pun berjanji akan mengumumkan investasi dan rencana pengembangan Blok Masela secara khusus. "Saya akan bicara mengenai masalah Masela karena sebuah investasi yang sejak kita merdeka paling besar," katanya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7).

Advertisement

Dia mengaku bakal terus mengawal pengembangan Blok Masela. Sehingga, proyek tersebut bisa mulai berjalan pada 2027. Apalagi dampak ekonomi dari dimulainya proyek Blok Masela bakal menguntungkan Indonesia.

Persetujuan pemerintah terhadap PoD Blok Masela yang diajukan Inpex merupakan babak baru setelah 20 tahun tidak ada kepastian terhadap proyek tersebut. Dalam PoD, pemerintah dan Inpex sepakat nilai investasinya berkisar US$ 18 miliar-US$ 20 miliar.

(Baca: Bos Inpex Incar Pembeli Gas Masela dari Jepang, Tiongkok, dan Taiwan)

Indonesia akan menerima sekitar US$ 39 miliar atau setidaknya 50% dari keuntungan yang didapat dari produksi Blok Masela. Selain itu, ada juga dampak lanjutan proyek Blok Masela seperti pembangunan industri petrokimia. Pengembangan industri petrokimia juga akan jadi salah satu keunggulan pengembangan gas abadi di Blok Masela.

Dia pun menargetkan penyerapan tenaga kerja dari proyek tersebut bisa mencapai lebih dari seratus ribu orang. Jokowi pun meminta Inpex untuk mengembangkan proyek Blok Masela dengan sumber daya manusia dan konten lokal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement