Bukit Asam Garap Tiga Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Image title
24 Juli 2019, 18:20
pembangkit listrik tenaga surya Bukit Asam
Azaria Laras | KATADATA
Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Perusahaan tambang batu bara pelat merah, PT Bukit Asam, merencanakan diversifikasi bisnis lewat pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan. Perusahaan menggarap tiga proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), satu di antaranya ditarget beroperasi pada Agustus 2019.

Direktur Pengembangan Usaha Bukit Asam Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin mengatakan meski perusahaan fokus dalam industri pertambangan batu bara, namun perusahaan memiliki visi untuk menjadi perusahaan energi dunia yang peduli lingkungan.

"Kami ingin berusaha tidak hanya bergantung dari batu bara, tapi kami akan melakukan hilirisasi energi terbarukan," ujarnya di Jakarta, Rabu (24/7).

(Baca: Sulit Dapat Energi Terbarukan, Perusahaan Berisiko Tinggalkan RI)

Ia memerinci, ketiga proyek PLTS yang tengah dibangun perusahaan yakni PLTS Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten; PLTS Terapung Dam Sigura-gura di Sumatera Utara; dan PLTS Ombilin di Sumatera Barat.

Pada awalnya, pengembangan PLTS ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Namun, pihaknya ingin PLTS bisa dinikmati dan dibangun lebih luas lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...