Gudang Garam Rambah Bidang Konstruksi, Dirikan PT Surya Kerta Agung

Image title
29 Juli 2019, 16:00
gudang garam
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Pengendara sepeda motor melintas di depan area Helipad Surya Air milik PT. Gudang Garam di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (17/3). Gudang Garam baru saja mendirikan anak usaha untuk merambah sektor konstruksi.

PT Gudang Garam Tbk (GGRM) membentuk anak usaha baru yaitu PT Surya Kerta Agung (SKA) yang berkedudukan di Kediri, Jawa Timur. Perusahaan yang dibentuk Gudang Garam bersama induknya, PT Suryaduta Investama, bergerak di bidang konstruksi.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Perusahaan Gudang Garam Heru Budiman dan diunggah di keterbukaan informasi pada Senin (29/7), dijelaskan perusahaan baru ini bakal menggarap pembangunan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan jalan, baik jalan raya, tol, maupun perlengkapannya.

Tidak hanya itu, SKA yang didirikan pada 26 Juli 2019 lalu ini, bakal menjamah juga pembangunan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan jembatan dan jalan layang, termasuk pelengkapnya. Ada pun, pendirian SKA telah tertuang ke dalam Akta Pendirian Nomor 28 tanggal 26 Juli 2019.

(Baca: 6 Perusahaan Publik Indonesia Masuk Jajaran Terbesar Dunia)

Modal dasar SKA senilai Rp 200 miliar. Ditambah modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp 100 miliar atau setara dengan 100 ribu saham di mana nilai nominalnya Rp 1 juta per saham.

Advertisement

Pemegang saham mayoritas SKA, yaitu Gudang Garam yang memiliki sebanyak 99,9 ribu saham atau setara 99,9%. Artinya Gudang Garam menyetor modal kepada SKA senilai Rp 99,9 miliar.

Sedangkan Suryaduta Investama yang merupakan induk Gudang Garam dengan persentase 69,29% saham di Gudang Garam, memegang sebanyak 1 saham di SKA. Artinya, Suryaduta Investama hanya menyetor Rp 1 juta untuk penyertaan modal di SKA.

(Baca: Proyek Tujuh Ruas Jalan Tol Baru Akan Dilelang Tahun Ini)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement