Putri Ma'ruf Amin, Ahli Hukum di Bursa Calon Wali Kota Tangsel

Image title
Oleh Abdul Azis Said
31 Juli 2019, 10:11
putri Ma'ruf Amin, bursa calon wali kota Tangsel, Siti Nur Azizah, profil putri Ma'ruf Amin
Instagram/Raffinagita1717
Putri Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, berfoto bersama Nagita Slavina, istri Raffi Ahmad. Azizah bakal maju sebagai calon wali kota Tangerang Selatan dalam Pemilihan Wali Kota Tangsel 2020.

Siti Nur Azizah, putri Ma'ruf Amin dari pernikahan pertamanya dengan Siti Churiyah (alm), bakal meramaikan bursa calon wali kota Tangerang Selatan 2020-2025. Azizah, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik di Kementerian Agama, adalah doktor di bidang hukum. Ia pun aktif di berbagai organisasi sejak menjadi mahasiswa.

Perempuan kelahiran Jakarta, 5 September 1972 ini semasa kuliah tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Selain sebagai pejabat di Kemenag, ia juga memegang posisi penting sebagai wakil sekretaris Komisi Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dan bendahara di Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PBNU (LPBHNU). Ia juga menjadi anggota komisi di Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan wakil ketua umum DPP Persatuan Dosen Republik Indonesia (PDRI).

Azizah mendapatkan gelar sarjana hingga doktor di bidang Ilmu Hukum dari Universitas Krisna Dwipayana Jakarta. Ia pernah mewakili Kemenag dalam beberapa kegiatan di tingkat internasional. Pada 2008, ia dipercaya melakukan promosi usaha halal Indonesia dalam kegiatan IMT-GT di Selangor, Malaysia. Ia mempresentasikan Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (RUU JPH) di forum tersebut.

(Baca: Ini Profil Gibran, Kaesang, dan Dua Politisi Calon Wali Kota Solo )

Belum Memilih Partai Politik yang Bakal Jadi Kendaraan di Pilwalkot Tangsel

Azizah mendapatkan dukungan pertamanya dari pegawai Kemenag yang banyak bermukim di Bambu Apus, Tangsel untuk maju sebagai calon wali kota Tangsel. Apalagi di wilayah tersebut ia juga bermitra dengan salah satu perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag, yakni UIN Syarief Hidayatullah, Ciputat.

Kabar perihal pencalonan Azizah ini mulai ramai dibicarakan publik setelah selebriti Raffi Ahmad mengunggah foto Azizah bersama istrinya, Nagita Slavina. "Putri Cawapres terpilih Abah Ma'ruf Amin: Dr. Hj. Siti Nur Azizah, S.H, M.Hum, siaapp2 menuju kota Tangerang Selatan selaku Calon Walikota 2020, kita dukung bersama untuk Tangsel bisa lebih maju lagi," tulis Raffi dalam foto yang diunggah 19 Mei 2019 tersebut. Hingga saat ini, unggahan tersebut mendapatkan lebih dari 1.300 komentar.

Meski telah menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilwalkot Tangsel 2020, belum ada kabar soal partai politik mana yang akan dipilih sebagai kendaraannya. "Belum ada obrolan dengan partai manapun soal pemilihan Wali Kota Tangsel," kata Azizah seperti dikutip Tempo.co, Jumat (26/7).

Meski begitu, Azizah mulai memasang berbagai baliho dan spanduk di beberapa titik di Tangsel untuk mendukung rencana pencalonannya. Salah satu spanduk menampilkan foto Azizah yang mengusung jargon 'Tangerang Selatan Lebih Maju'.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...