Sri Mulyani Harap Inflasi Stabil Kerek Keyakinan Konsumen dan Investor

Agatha Olivia Victoria
1 Agustus 2019, 19:36
inflasi Juli 2019, Sri Mulyani, Indeks keyakinan Konsumen
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap kepercayaan konsumen dan investor meningkat seiring data ekonomi yang positif, di antaranya data inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi Juli sebesar 0,31% secara bulanan atau 3,32% secara tahunan.

"Inflasi kita cukup baik, jadi ini menegaskan bahwa stabilitas harga-harga tetap bisa terjaga. Kami berharap dengan adanya momentum ini maka kepercayaan konsumen dan investor meningkat," ujarnya di kantornya, Jakarta, Kamis (1/8).

Advertisement

Sebelumnya, sokongan untuk kepercayaan diri investor datang dari pemangkasan bunga acuan Amerika Serikat (AS). Bank sentral AS baru saja memangkas bunga acuan sebesar 0,25%. Ini merupakan pemangkasan pertama sejak 2018.

(Baca: Nielsen: Optimisme Konsumen RI Posisi 3 Dunia, Ungguli AS hingga UEA)

Ia berharap, momentum kenaikan kepercayaan konsumen dan investor mulai terlihat di semester II ini. "Karena kalau kita lihat beberapa perusahaan memang mengalami tekanan karena tahun lalu suku bunga dinaikkan beberapa kali, nilai tukar dan ekspor melemah," ucapnya.

Kepala BPS Suhariyanto menyatakan, inflasi Juli masih di bawah target. Pemerintah menargetkan inflasi berada di kisaran 2,5-4,5% tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement