Dampak Perang Dagang, Tiongkok Setop Pembelian Produk Pertanian AS

Rizky Alika
6 Agustus 2019, 13:21
Perang Dagang, Tiongkok, AS
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping setelah KTT pemimpin negara G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12). Meski bersepakat negosiasi dagang, kedua negara masih melanjutkan perang dagang. Terbaru, Tiongkok hentikan pembelian impor produk pertanian AS.

Perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok masih berlanjut. Tiongkok pada hari ini mengumumkan berhenti membeli produk pertanian dari negeri Paman Sam itu. Selain itu, Beijing juga tidak akan menghapus tarif impor pada produk pertanian AS yang dibeli setelah 3 Agustus 2019.

Langkah ini dilakukan Xi Jinping sebagai pembalasan terhadap kebijakan Presiden AS Donald Trump yang menerapkan tarif pada impor barang asal Tiongkok senilai US$ 300 miliar. Hal ini dianggap Tiongkok sebagai pelanggaran serius atas negosiasi  dagang Trump dengan Presiden Xi Jinping beberapa waktu lalu.

"Perusahaan Tiongkok terkait telah menghentikan pembelian produk pertanian AS," demikian dilansir kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, Selasa (6/8).

(Baca: Trump Tuding Tiongkok Manipulasi Mata Uang)

Padahal dalam pertemuan G20 di Osaka, Jepang pada Juni lalu, kedua negara telah menyepakati negosiasi perdagangan dan ekonomi. AS pun menyatakan tidak akan menerapkan tarif kepada produk Tiongkok. Selain itu Tiongkok akan membeli produk pertanian AS.

Namun pada minggu lalu, Trump mengumumkan pengenaan tarif pada impor Tiongkok senilai US$ 300 miliar. Oleh karena itu, Negeri panda tersebut melakukan upaya retaliasi. Beijing pun berharap AS konsisten dengan kesepakatan hasil pertemuan kedua kepala negara tersebut.

Langkah itu berdampak kepada petani AS. Dikutip dari South China Morning Post, Presiden Federasi Biro Pertanian AS Zippy Duvall mengatakan keputusan Tiongkok merupakan pukulan berat bagi ribuan petani dan peternak AS yang berjuang untuk tetap hidup.

(Baca: Buntut Perang Dagang Amerika, Huawei Segera Luncurkan OS Hongmeng)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...