Kominfo Tak Temui Pelanggaran Lagu "Lah Bodo Amat" Youtuber Young Lex

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

8/8/2019, 18.32 WIB

Lirik lagu berjudul Lah Bodo Amat milik Young Lex dianggap tidak mendidik.

Komisioner KPAI Retno Listyarti dan YouTuber, Young Lex membuka tanya jawab dengan warganet terkait lagu berjudul ‘lah bodo amat’ melalui akun Instagram, @young_lex18.
Instagram/@young_lex18
Komisioner KPAI Retno Listyarti dan YouTuber, Young Lex membuka tanya jawab dengan warganet terkait lagu berjudul ‘lah bodo amat’ melalui akun Instagram, @young_lex18.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menerima laporan soal lagu berjudul ‘lah bodo amat’ milik Youtuber, Young Lex. Namun, Kominfo belum menemukan adanya pelanggaran terkait lirik lagu itu.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, kementeriannya sudah melakukan kajian atas laporan masyarakat mengenai lagu milik Young Lex. “Liriknya ‘asal bacot, bodo amat’ ya itu perspektif melanggarnya kami belum melihat,” katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (8/8).

Karena itu, Kementerian Kominfo belum mengambil tindakan atas video berdurasi 16 menit 55 detik tersebut. “Karena kami belum melihat bahwa konten ini memenuhi unsur pasal-pasal apa yang dilanggar,” kata pria yang akrab disapa Nando ini.

(Baca: Kontennya Diblokir Kominfo, Youtuber Kimi Hime Minta Bantuan Jokowi)

Lagipula, laporan masyarakat yang disampaikan ke kementeriannya hanya terkait lirik. Ia pun mengimbau agar para orang tua mengawasi anak-anaknya supaya tidak menonton video yang dianggap tidak mendidik.

Pada awalnya, motivator Dedy Susanto menyampaikan keluhannya terkait konten milik Youtuber, Young Lex. “Bodo amat, bacot amat ini ditiru murid ke gurunya, anak ke orang tuanya. Kami memohon bantuan teman-teman di sini, bantu kami email ke Kominfo,” kata dia melalui akun Instagram-nya @dedysusantopj, pekan lalu (3/8).

Dia berharap agar pengikutnya di Instagram melaporkan konten milik YoungLex itu ke Kominfo supaya ditutup. “Kominfo punya wewenang untuk mengontrol konten Youtube di Indonesia,” katanya. Instagramnya itu diikuti oleh 7,2 ribu pengguna.

(Baca: Gara-gara Kimi Hime, Kominfo Bakal Revisi Aturan Konten Kreatif)

Youtuber dengan nama asli Samuel Alexander Pieter pun membuat unggahan terkait konten yang dipersoalkan itu. Young Lex mengundang Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti untuk menjawab pertanyaan warganet.

Pertanyaan tersebut akan dijawab tiga hari setelahnya. “Kami akan menjawab pertanyaan netizen mengenai lagu saya ‘lah bodo amat’,” katanya melalui akun Instagram-nya @young_lex18, hari ini (8/8).

Adapun lagu tersebut dinyanyikan oleh Young Lex bersama dengan Sexy Goath & Italiani. Videonya itu sudah ditonton lebih dari 4,5 juta kali dan disukai 176 ribu pengguna.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan