Amankan Transisi, Pertamina Didorong Mengebor Blok Rokan Awal 2020

Image title
8 Agustus 2019, 21:22
SKK Migas Dorong Pertamina untuk Mengebor Blok Rokan Awal Tahun
Pertamina Hulu Energi

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendorong Pertamina untuk melakukan pengeboran di Blok Rokan paling lambat pada awal tahun depan. Targetnya, Pertamina dapat menekan laju penurunan produksi secara alamiah atau decline di blok tersebut.

Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurahman menyatakan pembahasan mengenai transisi pengelolaan dari operator lama, Chevron, ke Pertamina terus dilakukan. Dalam fase ini, ada beberapa model bisnis yang akan diterapkan.

Advertisement

Namun dia enggan membeberkan secara rinci model bisnis yang jadi opsi investasi di Blok Rokan. Sebab, "Belum diputuskan model bisnisnya," kata Fatar saat ditemui pada acara media briefing di Jakarta, Kamis (8/8).

Yang pasti, dia melanjutkan, kontraktor eksisting , yakni Chevron, tidak akan berinvestasi secara jor-joran dalam menerapkan teknologi tingkat lanjut enhanced oil recovery (EOR) menjelang kontrak berakhir. Padahal untuk mengatasi penurunan produksi diperlukan investasi yang tidak sedikit.

(Baca: Transisi Blok Rokan Jadi Tantangan SKK Migas dan Pertamina)

Fatar cukup memaklumi situasi tersebut. Karenanya, upaya kerja keras menjadi beban kontraktor baru yang dipegang Pertamina. SKK Migas ingin memastikan proses transisi berjalan lancar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement