BPMA Ungkap Potensi Cadangan Migas Blok Andaman III Capai 4 TCF

Image title
12 Agustus 2019, 16:04
Blok Andaman, Migas, Migas Aceh, Repsol
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas lepas pantai

Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) mengungkapkan, potensi cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Blok Andaman III berkisar 3 hingga 4 triliun kaki kubik (TCF). Hal ini berdasarkan survei seismik yang dilakukan Repsol selaku kontraktor blok tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala BPMA Azhari Idris mengatakan survei seismik menunjukkan prospek-prospek dari laut Andaman. "Itu bisa memberikan 3 atau 4 TCF, namun demikian kami kan harus buktikan dulu," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Senin (12/8).

Pembuktian akan dilakukan melalui pengeboran yang dimulai pada semester I 2020. Saat ini, Repsol tengah dalam tahap penyediaan alat, pipa hingga kapal untuk pengeboran. "Mudah-mudahan kita dapat kepastian (kapan alat siap). Supaya dapat melakukan pengeboran cepat," kata dia.

(Baca: Investasi Hulu Migas Lesu, Kontraktor Kesulitan Dapat Rig)

Pernyataan senada disampaikan Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Fatar Yani Abdurahman. "Ada indiskasi dari hasil seismik. Dia (Repsol) ghosting, semua di-bersihin, kelihatan seismik bahwa ini minyak di sini, gas di sini, volume sekian tapi tergantung hasil pengeboran," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...