Gaet Investor, Jababeka Harap Infrastruktur Morotai Segera Dibangun

Image title
12 Agustus 2019, 18:10
Jokowi Resmikan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan, di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4).
Kemenko Perekonomian
Jokowi Resmikan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan, di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4).

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berharap pemerintah segera mempercepat pembangunan infrastruktur utama seperti bandara di Morotai di Kepulauan Halmahera, Maluku Timur. Hal ini diharapkan bisa mempercepat investor masuk ke kawasan tersebut dan mengembangkan Morotai menjadi destinasi 10 Bali Baru.

General Maneger Corporare Secratary Jababeka & Co Muljadi Suganda mengatakan, letak kabupaten pulau Morotai yang berada di wilayah Timur Indonesia menjadi tantangan bagi Jababeka sebagai pengembang kawasan tersebut. Apalagi selama ini belum ada investor besar yang masuk ke sana. 

"Butuh waktu lebih dari lima tahun untuk mengembangkannya, tapi itu tergantung dukungan infrastruktur. Tantangannya lebih tinggi, tapi potensinya besar," ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Senin (12/8).

Muljadi untuk menuju Morotai saat ini masih sulit diakses. Banyak wisatawan yang ingin menuju Morotai harus berangkat dari Bandara di Jakarta harus transit di Manado, kemudian melanjutkan perjalanan ke Ternate, setelah itu baru menuju Morotai. Sehingga penerbangannya membutuhkan waktu yang lama.

(Baca: Jababeka Terancam Default, OJK Kaji Dokumen Perubahan Pengurus)

Sedangkan, menurutnya saat ini sudah ada beberapa investor baik dalam maupun luar negeri yang mulai melirik investasi di sana. "Baru minat saja dari asing dan lokal. Potensi sebetulnya bicara alamnya kan bagus, dan potensial," kata Muljadi.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...