Dapat Angin Segar dari Tiongkok dan Jerman, Bursa Saham AS Naik Tinggi

Happy Fajrian
20 Agustus 2019, 07:50
bursa, amerika serikat, wall street
ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Kelly
Pedagang saham bekerja di lantai bursa di New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City, Amerika Serikat.

Bursa saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street mengakhiri perdagangan saham Senin (19/8) dengan kenaikan untuk hari ketiga secara berturut-turut sejak Kamis (15/8) pekan lalu. Indeks Dow Jones naik 0,96%, S&P 500 naik 1,21%, dan Nasdaq naik 1,35%.

Tiga indeks utama AS tersebut nyaris kembali ke level sebelum kejatuhannya pada Rabu (14/8) pekan lalu yang dipicu oleh tanda-tanda resesi ekonomi dari inversi imbal hasil surat utang pemerintah AS jangka panjang.

Advertisement

Kenaikan Wall Street pada perdagangan awal pekan ini didorong stimulus dari Tiongkok dan Jerman yang sedikit meredakan kekhawatiran investor akan ancaman resesi perekonomian global.

Bank Sentral Tiongkok (People’s Bank of China/PBOC) menurunkan suku bunga acuannya agar pelaku usaha dapat mengajukan kredit dengan bunga yang lebih murah. Sementara pemerintah Jerman meninggalkan kebijakan anggaran berimbangnya untuk mendorong perekonomian.

(Baca: Tepis Resesi, Trump Tegaskan Perang Dagang Tak Ganggu Ekonomi AS)

Pada Minggu (18/8), Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz mengatakan bahwa pemerintah Jerman dapat mengalokasikan tambahan anggaran belanja sekitar 50 miliar euro (sekitar US$ 55 miliar). “Ini berita yang sangat positif dan meredakan suasana sepanjang hari ini (Senin),” kata analis dari JonesTrading, dilansir dari Reuters.

Sementara itu dari AS sendiri, tak lama setelah perdagangan ditutup, Gedung Putih dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk memberikan potongan pajak penghasilan untuk mendorong perekonomiannya.

Keputusan pemerintah AS untuk menambah masa tenggang kepada Huawei Technologies untuk melakukan bisnis dengan perusahaan teknologi AS selama 90 hari kedepan juga turut menopang pergerakan saham teknologi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement