Tepis Resesi, Trump Tegaskan Perang Dagang Tak Ganggu Ekonomi AS

Agustiyanti
19 Agustus 2019, 13:29
presiden as, donald trump, perang dagang
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden AS Donald Trump mengaku belum siap meneken kesepakatan dagang dengan Tiongkok.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pejabat tinggi Gedung Putih menegaskan perang dagang dengan Tiongkok tak akan mengganggu perekonomian AS dan menyebut risiko terjadi resesi sangat kecil meski pasar obligasi global sempat bergejolak.

"Kami melakukannya (menjaga perekonomian) dengan sangat baik, konsumen kami kaya. Saya memberikan potongan pajak yang luar biasa dan mereka penuh dengan uang." kata Trump, seperti dikutip dari Reuters pada Minggu (18/8) waktu setempat.

Advertisement

Trump kurang optimis dibandingkan para bawahannya dalam mencapai kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok. Ia mengatakan tak yakin akan mencapai kesepakatan dengan negara berpenduduk terbesar di dunia itu.

"Saya belum siap untuk membuat kesepakatan," terang Trump.

(Baca: Trump Tak Ingin AS Berbisnis dengan Huawei)

Ia mengisyaratkan bahwa Gedung Putih ingin melihat Beijing menyelesaikan protes yang sedang berlangsung di Hong Kong.

"Saya ingin melihat Hong Kong bekerja dengan cara yang sangat kemanusian. Saya pikir itu akan sangat baik untuk kesepakatan perdagangan," kata dia.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan para deputi perdagangan dari kedua negara akan berbicara dalam 10 hari ke depan. Adaoun jika pertemuan tersebut berjalan dengan baik, maka mereka akan meminta Tiongkok untuk datang ke AS untuk memajukan perundingan dan mengakhiri perang dagang berlarut-larut yang menjadi risiko bagi pertumbuhan ekonomi global.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement