Dua Startup Lulusan Alibaba Netpreneur Garap Pasar Logistik RI

Cindy Mutia Annur
20 Agustus 2019, 14:32
Faspay dan Prahu-Hub berkolaborasi untuk mengatasi tantangan logistik di Indonesia.
Faspay
Faspay dan Prahu-Hub berkolaborasi untuk mengatasi tantangan logistik di Indonesia.

Dua startup lulusan program Alibaba Netpreneur 2019, Faspay dan Prahu-Hub berkolaborasi untuk menggarap pasar logistik di Indonesia. Keduanya fokus mengatasi tantangan pengiriman barang di Tanah Air.

Faspay merupakan perusahaan teknologi finansial (fintech) di bidang pembayaran. Sedangkan Prahu-Hub adalah marketplace terkait pengiriman barang (online forwarder marketplace). Melalui kerja sama ini, layanan Faspay akan memudahkan pengguna Prahu-Hub dalam melakukan pembayaran.

CEO Faspay Eddy Tju berharap kerja sama ini dapat mendukung pertumbuhan jumlah pengguna Prahu-Hub. Ia juga optimistis, kolaborasi ini akan membantu pemerintah mewujudkan program logistik 4.0.

“Dampak yang berkesinambung juga diharapkan terjadi pada ekonomi Indonesia. Sebab, dengan adanya kemudahan di industri logistik dan pembayarannya, maka akan mendorong para pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam terwujudnya ekonomi digital,” katanya dalam siaran pers, Selasa (20/8).

Ia mengatakan, Indonesia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau membuat industri logistik menghadapi beragam tantangan mulai dari jarak, waktu hingga tingginya biaya pengiriman barang. Sejak 2015, pemerintah pun gencar menekan biaya logistik dengan membangun 20 pelabuhan di berbagai daerah.

Pembangunan infrastruktur itu bertujuan agar beberapa daerah bisa dijangkau menggunakan kapal laut. “Melalui kerjasama ini, Faspay berharap akan mempercepat dan mempermudah proses pembayaran para pelaku usaha yang merupakan pengguna jasa dari Prahu-Hub,” katanya.

(Baca: Berkah E-commerce, 5 Startup Logistik Dapat Investasi Sejak Awal 2019)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...