Google dan Kominfo Berbagi Kiat Menjaga Keamanan Data di Internet

Cindy Mutia Annur
20 Agustus 2019, 20:02
Google Kominfo Kiat Keamanan Data di internet
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, Google dan Kementerian Kominfo berbagi kiat menjaga keamanan data saat berselancar di internet.

Google dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong agar masyarakat Indonesia lebih bijak dalam menggunakan internet. Keduanya pun membagikan kiat untuk menjaga keamanan data di dunia maya.

Head of Public Policy Google Indonesia Putri Alam mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipahami pengguna untuk menjaga keamanan data saat berselancar di internet. "Ada dua pilar utama, yakni kesadaran dalam menggunakan internet dan pencegahan,” katanya di Jakarta, Selasa (20/8).

Advertisement

Pertama, dia meminta pengguna internet berhati-hati terhadap pesan yang meminta informasi pribadi. Kedua, masyarakat harus memastikan kredibilitas lokator sumber seragam (Uniform Resource Locator/URL) atau tautan yang mencurigakan.

Ketiga, pengguna jangan menginstal aplikasi berbahaya di ponsel. Keempat, selalu memastikan perangkat lunak (software) selalu dalam keadaan terbaru. Kelima, mewaspadai peniru identitas.

(Baca: DPR Optimistis Pembahasan RUU Keamanan Siber Rampung Sebelum Oktober)

Keenam, memegang kendali terhadap data di akun Google. Ketujuh, menggunakan jaringan dan koneksi yang aman sebelum memasukkan informasi sensitif seperti data perbankan dan lainnya.

Kedelapan, melindungi akun dengan sandi yang kuat. Kesembilan, mengutamakan keamanan dengan verifikasi dua langkah. Terakhir, cek informasi pribadi melalui safety center di platfrom Google.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital Dedy Permadi juga membagikan kiat menjaga keamanan data pribadi di internet. Pertama, pengguna harus mengenali platform digital yang digunakan. "Mengenali, artinya ada fitur-fitur keamanan yang tersedia,” katanya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement