Hari Pertama Penerapan, Tiongkok Patok Bunga Acuan Baru Lebih Rendah

Agustiyanti
20 Agustus 2019, 12:11
yuan, tiongkok, suku bunga
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Bank Sentral Tiongkok melakukan reformasi tingkat referensi suku bunga pinjaman.

Suku bunga acuan baru Tiongkok ditetapkan sedikit lebih rendah pada Selasa (20/8), hari pertama penerapan tingkat referensi bunga pinjaman baru tersebut. Rencana reformasi tingkat bunga pinjaman ini telah disampaikan Bank Sentral Tiongkok pekan lalu, bertujuan untuk menurunkan suku bunga kredit korporasi.

Bank Sentral pada Sabtu mengatakan bahwa suku bunga dasar pinjaman (Loan Prime Rate/LPR) akan menjadi tolak ukur pemberian pinjaman bagi bank-bank ketika menetapkan suku bunga kredit rumah tangga maupun korporasi, alih-alih suku bunga rata-rata pinjaman satu tahun yang dipatok bank sentral.

Rata-rata suku bunga pinjaman satu tahun yang baru ditetapkan (CNYLPR1Y=CFXS) ditetapkan sebesar 4,25% pada Selasa, turun 6 bps dari 4,31% sebelumnya. Suku bunga tersebut 10 bps lebih rendah dari patokan bunga kredit satu tahun PBOC yang ada.

LPR yang awalnya diperkenalkan PBOC pada Oktober 2013 adalah suku bunga yang dibebankan bank komersial kepada klien terbaik mereka. Penggunaan LPR sebagai tingkat bunga referensi pinjaman dimaksudkan untuk lebih mencerminkan permintaan pasar akan dana daripada tolak ukur yang ditetapkan PBOC.

(Baca: AS Perpanjang Masa Penangguhan Hukuman Huawei)

Adapun saat ini, tingkat LPR lima tahun ditetapkan pada kisaran 4,85%, di bawah bunga pinjaman acuan lima tahun sebesar 4,9%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...