Harga Minyak Stabil Seiring Kebijakan Stimulus Ekonomi Negara Maju

Image title
21 Agustus 2019, 09:00
Harga Minyak Dunia
KATADATA
Kilang Minyak

Harga minyak relatif stabil di tengah optimisme akan meredanya ketegangan dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Juga adanya ekspektasi bahwa negara-negara maju akan menerapkan stimulus guna menangkal kemungkinan perlambatan ekonomi.

Mengutip Bloomberg, harga minyak Brent naik 0,18% ke posisi US$ 60,14 per barel pada perdagangan Rabu (21/8) pagi. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,23% menjadi US$ 56,34 per barel.

Meskipun, Reuters memberitakan, minyak mentah AS lebih lemah dalam perdagangan post-settlement, setelah Presiden Donald Trump menyatakan belum siap membuat kesepakatan dagang dengan Tiongkok.

(Baca: Jokowi Sebut Data Lebih Berharga dari Minyak, Pelaku Migas Mau Bertemu)

AS menyatakan akan memperpanjang izin bagi Huawei Technologies untuk membeli komponen dari perusahaan AS. Ini memberikan sedikit sinyal melunaknya konflik dagang antara dua negara ekonomi terbesar dunia tersebut.

"Ini adalah pasang surut perang dagang AS-Tiongkok dan ekspektasi akan stimulus ekonomi yang (memengaruhi) pasar, termasuk potensi stimulus fiskal oleh Jerman," kata seorang mitra Reuters di Again Capital di New York John Kilduff.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...