Riset: Rerata Konsumen Indonesia Belanja Rp 3,9 Juta di E-commerce

Image title
Oleh Abdul Azis Said
22 Agustus 2019, 18:20
konsumen Indonesia belanja Rp 3,9 juta di e-commerce
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019). ShopBack mencatat rerata konsumen di Indonesia berbelanja Rp 3,9 juta di e-commerce sejak awal tahun ini.

Riset yang dilakukan oleh startup penunjang gaya hidup, ShopBack menunjukkan bahwa rerata konsumen Indonesia berbelanja Rp 3,9 juta di e-commerce sejak awal tahun ini. Bahkan, sekitar 70% responden berencana untuk menggelontorkan dana lebih banyak dibanding tahun lalu.

Besaran konsumsi masyarakat Indonesia yang berbelanja di e-commerce itu mengacu pada data histori ShopBack. Startup kurator ini juga melakukan survei terhadap 5.003 responden di lima kota. Hasil riset itu menunjukkan, mayoritas konsumen mengalokasikan dana lebih banyak untuk berbelanja pada 2019.

Sepanjang tahun lalu, rata-rata konsumen Indonesia berbelanja Rp 2,2 juta. “Kalau dibandingkan dengan akhir tahun lalu, ada kenaikan 76%,” kata Head of Partnerships ShopBack Yolanda Margaretha di kantornya, kemarin, (21/8).

(Baca: Startup Asal Singapura Beri Promo Rp 117 Miliar ke Pengguna Indonesia)

ShopBack pun memperkirakan transaksi di e-commerce Indonesia sepanjang Juli-Desember tumbuh dua kali lipat dibanding paruh pertama tahun ini. Proyeksi ini mengacu pada pertumbuhan tahun lalu.

Karena itu, startup asal Singapura ini mengadakan pesta belanja online yang diberi nama ShopFest sejak September-Desember 2019. Festival ini dilakukan empat kali setiap bulannya yakni 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11), dan 12 Desember.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...