Riset: Rerata Konsumen Indonesia Belanja Rp 3,9 Juta di E-commerce

Penulis: Abdul Azis Said

Editor: Desy Setyowati

22/8/2019, 18.20 WIB

Pada tahun lalu, rerata konsumen hanya mengeluarkan Rp 2,2 juta untuk berbelanja di e-commerce.

konsumen Indonesia belanja Rp 3,9 juta di e-commerce
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019). ShopBack mencatat rerata konsumen di Indonesia berbelanja Rp 3,9 juta di e-commerce sejak awal tahun ini.

Riset yang dilakukan oleh startup penunjang gaya hidup, ShopBack menunjukkan bahwa rerata konsumen Indonesia berbelanja Rp 3,9 juta di e-commerce sejak awal tahun ini. Bahkan, sekitar 70% responden berencana untuk menggelontorkan dana lebih banyak dibanding tahun lalu.

Besaran konsumsi masyarakat Indonesia yang berbelanja di e-commerce itu mengacu pada data histori ShopBack. Startup kurator ini juga melakukan survei terhadap 5.003 responden di lima kota. Hasil riset itu menunjukkan, mayoritas konsumen mengalokasikan dana lebih banyak untuk berbelanja pada 2019.

Sepanjang tahun lalu, rata-rata konsumen Indonesia berbelanja Rp 2,2 juta. “Kalau dibandingkan dengan akhir tahun lalu, ada kenaikan 76%,” kata Head of Partnerships ShopBack Yolanda Margaretha di kantornya, kemarin, (21/8).

(Baca: Startup Asal Singapura Beri Promo Rp 117 Miliar ke Pengguna Indonesia)

ShopBack pun memperkirakan transaksi di e-commerce Indonesia sepanjang Juli-Desember tumbuh dua kali lipat dibanding paruh pertama tahun ini. Proyeksi ini mengacu pada pertumbuhan tahun lalu.

Karena itu, startup asal Singapura ini mengadakan pesta belanja online yang diberi nama ShopFest sejak September-Desember 2019. Festival ini dilakukan empat kali setiap bulannya yakni 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11), dan 12 Desember.

(Baca: Riset: Rerata Konsumen Belanja Rp 1,2 Juta saat Ramadan 2018)

ShopBack menargetkan lebih dari 8 juta konsumen unik atau per individu berpartisipasi dalam acara ShopFest ini. ShopBack pun menggandeng 100 e-commerce untuk menyelenggarakan acara ini. Ia optimistis, pesta diskon tersebut akan menarik banyak pengguna. Sebab, ShopBack mencatat transaksi naik 1,5 kali lipat dibanding hari biasa pada 9.9 sebelumnya.

Begitu pun pada 10.10, biasanya pesanan meningkat sampai dua kali lipat. Pesanan pada 11.11 biasanya naik tiga kali lipat dibanding hari biasa. Kemudian, pada hari belanja online nasional (Harbolnas), transaksinya bisa meningkat sampai 3,5 kali lipat.

Adapun e-commerce yang paling banyak dipilih konsumen melalui ShopBack adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli. Mayoritas pengguna berminat belanja secara online karena ada promo berupa uang kembali (cashback). Lalu, sisanya didorong oleh diskon dan hadiah.

(Baca: Startup Gaya Hidup Shopback Dapat Suntikan Modal Rp 643,5 Miliar)

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN