Startup Gaya Hidup Shopback Dapat Suntikan Modal Rp 643,5 Miliar

Penulis: Desy Setyowati

10/4/2019, 10.59 WIB

CEO Ebates, Inc., Amit Patel dan Managing Partner of EV Growth Wilson Cuaca akan bergabung menjadi jajaran dewan direksi Shopback.

Dewan direksi baru Shopback, Managing Partner of EV Growth Willson Cuaca (pertama dari kiri) dan CEO of ShopBack Henry Chan (ketiga dari kiri)
EV Growth
Dewan direksi baru Shopback, Managing Partner of EV Growth Willson Cuaca (pertama dari kiri) dan CEO of ShopBack Henry Chan (ketiga dari kiri)

Platform e-commerce penunjang gaya hidup Shopback memperoleh tambahan modal sebesar US$ 45 juta atau setara dengan Rp 643,5 miliar. Pendanaan itu didapat dari EV Growth, Rakuten, dan EDBI.

Rencananya, tambahan modal ini akan digunakan untuk menyederhanakan pengalaman berbelanja pengguna. Selain itu, modal ini akan dipakai untuk memperluas kemampuan analisis data guna memberikan insight baik dari segi bisnis maupun personal dan mempercepat pertumbuhan di pasar utama Shopback.

Secara keseluruhan, Shopback sudah memperoleh pendanaan US$ 83 juta atau setara Rp 1,18 triliun. "Pertumbuhan pengguna yang sangat cepat merupakan bukti kuat terhadap nilai yang kami berikan kepada mitra dagang dan pengguna di Asia Pasifik," ujar Head of Business Development Shopback Indonesia Yolanda Margaretha dalam siaran pers, Rabu (10/4).

(Baca: Naik Tiga Kali Lipat, Shopback Bidik 5,4 Juta Pengguna Tahun Ini)

Pertumbuhan order dan penjualan Shopback mencapai 250% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2018. ShopBack juga mencatat lebih dari 2,5 juta transaksi per bulan di tujuh negara kawasan Asia Pasifik. Nilai penjualan lewat Shopback juga mendekati US$ 1 juta atau Rp 143  miliar untuk lebih dari 2 ribu mitra dagang baik online maupun offline.

Saat ini, Shopback memiliki tujuh juta pengguna di Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Taiwan dan Australia. "Kami sangat senang dapat bekerja dengan tim handal, yang terdiri atas lebih dari 200 karyawan dan investor global untuk terus berinovasi dalam memberikan solusi belanja yang cerdas, lebih cepat dan baik," ujar dia.

(Baca: Aplikasi Ini Bandingkan Tarif Termurah Go-Jek, Grab dan Uber)

Sejalan dengan pendanaan ini, CEO Ebates, Inc., Amit Patel dan Managing Partner of EV Growth Wilson Cuaca akan bergabung menjadi jajaran dewan direksi Shopback.. Ebates, Inc merupakan anak usaha dari Rakuten.

Willson Cuaca menambahkan, perusahaannya optimistis terhadap pertumbuhan Shopback sejak awal. "Sebagai lanjutan investor dari East Ventures ke EV Growth, para pendiri tetap percaya pada misi ShopBack membantu masyarakat berbelanja online dengan cara cerdas," kata dia.

(Baca: Penjualan E-Commerce Diklaim Naik 70% Saat Imlek)

Menurut Amit Patel, ShopBack telah memantapkan diri sebagai pemimpin yang kuat di industri ini di Asia Pasifik. "Shopback memiliki kombinasi langka terhadap pelayanan konsumen yang berdedikasi tinggi, basis pengguna yang kuat, dan tim yang bertalenta," ujar dia.

Sementara itu, CEO sekaligus President EDBI Chu Swee Yeok menyampaikan, Shopback siap meningkatkan jangkauan mereknya dan mitra ke lebih banyak pengguna dengan memberikan pengalaman personal tanpa batas dengan kemampuan data science. Menurutnya, peluang bagi Shopback untuk tumbuh sangat besar.

"Sebagai investor strategis yang secara aktif memelihara perusahaan menjanjikan di Singapura, EBDI sangat senang dapat mendukung Shopback yang sedang berkembang secara agresif di kawasan ini, dengan menunggangi pertumbuhan ranah digital di Asia," kata dia.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha