Dapat Pendanaan Rp 143 Miliar, UangTeman Berencana Akuisisi Fintech

Desy Setyowati
25 Agustus 2019, 08:14
uangteman pendanaan akuisisi
Uang Teman
Ilustrasi UangTeman. Fintech pinjam-meminjam UangTeman mengumumkan perolehan pendanaan US$ 10 juta.

Perusahaan teknologi finansial di bidang pinjam-meminjam (fintech lending) UangTeman mengumumkan perolehan investasi US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar. Dengan adanya tambahan modal ini, UangTeman berencana mengakuisisi perusahaan sejenis.

Perolehan dana segar ini merupakan bagian dari putaran pendanaan seri B, yang bakal ditutup pada Oktober nanti. Investasi ini dipimpin oleh modal ventura asal Amerika Serikat (AS), Draper Associates, bersama dengan KDDI Open Innovation Fund dan Global Brain Jepang.

Rencananya, Spiral Ventures berpartisipasi dalam putaran pendanaan tersebut. Berdasarkan keterangan UangTeman, sejalan dengan aksi korporasi ini, pembiayaan utang perusahaan juga meningkat. Namun tidak dirinci besaran utangnya.

Co-Founder sekaligus CEO UangTeman Adil Zulkifli mengatakan, perusahaannya sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Ini secara efektif menghilangkan risiko terkait regulasi,” katanya dikutip dari e27, kemarin (24/8).

(Baca: Sempat Setop Operasi, Fintech UangTeman Kembali Salurkan Kredit)

Dengan adanya tambahan modal ini, perusahaan berencana menggandakan pertumbuhan bisnis di Indonesia. Salah satunya, UangTeman akan menyediakan layanan pinjaman untuk usaha mikro. Hal ini sejalan dengan kebijakan OJK agar fintech pinjam-meminjam menyediakan layanan pinjaman untuk sektor produktif, minimal 20%.

Selama ini, UangTeman bergerak di bidang pinjam-meminjam untuk konsumsi. “Untuk masuk ke sektor produktif, perusahaan akan mengakuisisi fintech pinjaman yang terdaftar di OJK, yang memiliki bisnis inti dalam pembiayaan faktur dan penggajian,” demikian dikutip. Akuisisi ini rencananya akan dilakukan September 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...