Rupiah Melemah ke 14.242 per Dolar AS Terseret Lagi Perang Dagang

Agatha Olivia Victoria
26 Agustus 2019, 17:09
Penukaran uang dolar AS di sebuah gerai Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) di Malang, Jawa Timur, Kamis (23/2).
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Penukaran uang dolar AS di sebuah gerai Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) di Malang, Jawa Timur, Kamis (23/2).

Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar spot sore ini, Senin (26/8) melemah 27,5 poin atau 0,19% ke level Rp 14.242 per dolar AS. Pelemahan rupiah antara lain disebabkan kembali memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Adapun kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah pada posisi Rp14.261 atau melemah 12 poin dibanding Jumat (23/8).

Advertisement

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim menilai, pelemahan rupiah antara lain disebabkan oleh perang dagang yang memanas dan berubah menjadi perang  investasi. "Trump meminta perusahaan-perusahaan AS untuk menutup pabrik dan menghentikan produksi di Tiongkok," ujarnya, Senin (26/8).

(Baca: Perang Dagang, Yuan Melemah ke Level Terendah dalam 11 Tahun Terakhir)

Pemerintah Tiongkok menyatakan akan mengenakan tarif  balasan terhadap barang-barang AS  senilai US$75 miliar.  Trump kemudian merespons langkah ini dengan mengumumkan tarif tambahan untuk impor Tiongkok, serta menyarankan perusahaan di negeri paman sam untuk beralih dari negeri tirai bambu.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement