Sistem Cicilan Paylater di Traveloka Tumbuh 50 Kali Lipat

Cindy Mutia Annur
27 Agustus 2019, 18:36
Chief Technology Officer of Transport and Accommodation Engineering Traveloka Denni Permadi Gautama meninggal dunia, kemarin (29/7).
Instagram/@traveloka
Chief Technology Officer of Transport and Accommodation Engineering Traveloka Denni Permadi Gautama meninggal dunia, kemarin (29/7).

Perusahaan layanan perjalanan berbasis online (Online Travel Agent/OTA) Traveloka mencatat transaksi dengan metode cicilan (paylater) tumbuh 50 kali lipat sejak Mei 2018 lalu. Layanan ini biasanya digunakan untuk memesan tiket pesawat dan produk gaya hidup, seperti tiket bioskop dan kuliner.

Senior Vice President Financial Products Traveloka Alvin Kumarga mengatakan, jumlah pengguna layanan ini juga meningkat 10 kali lipat sejak diluncurkan. Hanya, perusahaan enggan menyebutkan spesifik nilai transaksinya.

Advertisement

Berdasarkan catatan Alvin, layanan ini banyak digunakan pengguna saat harga tiket pesawat naik. "Pembayaran non-tunai ini sangat membantu pelanggan untuk mendapatkan tiket di kala itu (harga naik)," katanya di Jakarta, Selasa (27/8).

(Baca: Pengguna Tumbuh 10 Kali Lipat, Traveloka Perluas Layanan Cicilan)

Lalu, fitur cicilan ini juga banyak digunakan untuk membeli produk gaya hidup seperti tiket bioskop atau makanan. Ia menduga, pembayaran dengan metode ini lebih cepat ketimbang layanan perbankan baik mobile banking atau kartu kredit.

"Dengan paylater, pelanggan bisa membayar nanti alias tagihannya di akhir bulan. Dengan begitu, bisa mempercepat pembayaran. Jadi ada dari sisi kenyamanan mereka," katanya.

Saat pertama kali diluncurkan, layanan cicilan ini hanya diperuntukkan tiket transportasi dan akomodasi. Lalu, penggunaan metode pembayaran ini diperluas ke produk gaya hidup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement