Setelah Investasi di Gojek, Astra Buka Peluang Akuisisi Startup

Cindy Mutia Annur
27 Agustus 2019, 11:05
astra buka peluang akuisisi startup
Dokumentasi Astra
Menteri Kominfo Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), CEO & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto seusai konferensi pers kerja sama Astra dan Go-Jek di Jakarta, Senin (12/2). Astra buka peluang untuk akuisisi startup.

PT Astra International Tbk (ASII) tengah berfokus mengembangkan unit bisnis digitalnya dan membuka peluang mengakuisisi startup. Perusahaan ini juga sudah berinvestasi di decacorn Tanah Air, Gojek.

Direktur Astra Internasional Paulus Bambang WS mengatakan, perusahaannya membuka peluang pengembangan unit bisnis digital dari dua sisi, yakni organik dan anorganik. Dalam hal anorganik, Astra berencana mengakuisisi startup yang tergabung di ekosistem akselerator, Plug & Play.

"Kami masih mencari pengembangan dari peluang eksternal, terutama untuk menemukan startup di bawah ekosistem (akselerator dan inkubator) Plug & Play karena kami saat ini terlibat dan aktif di platform itu," kata dia dikutip dari Deal Street Asia, kemarin (26/8).

(Baca: Kongsi Astra dan Gojek Bentuk Layanan Mobil Sewa GoFleet)

Dari sisi organik atau internal, Astra sebenarnya sudah merilis tiga platform layanan digital yakni Seva.id,  Sejalan dan Cari Parkir pada September 2018. Seva.id merupakan marketplace yang memungkinkan konsumen membeli mobil dengan lebih mudah.

Lalu, Sejalan merupakan aplikasi berbagai tumpangan (ride sharing). Sedangkan CariParkir adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna menemukan tempat parkir terdekat.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...