Meski Anak Usaha Bermasalah, Duniatex Bayar Cicilan Kredit ke Mandiri

Image title
28 Agustus 2019, 19:58
bank mandiri, duniatex, default duniatex, delta merlin dunia textile
Dok. Duniatex
Sejumlah pekerja mengawasi produksi kain di salah satu pabrik milik Grup Duniatex. Bank Mandiri menegaskan bahwa kredit yang disalurkan kepada Duniatex tidak mengalami masalah karena yang tengah menghadapi gagal bayar adalah entitas anak Grup Duniatex yakni PT Delta Merlin Dunia Textile (DMDT).

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memastikan kredit yang disalurkan kepada Grup Duniatex masih dalam kategori kolektibilitas 1 atau lancar. Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan menjelaskan, sejak 2002 hingga Juni 2019, Duniatex tidak pernah menunggak pembayaran cicilan kreditnya kepada Bank Mandiri.

Panji juga menjelaskan bahwa Duniatex dalam waktu dua tahun terakhir telah menurunkan outstanding kreditnya dari Rp 5,5 triliun menjadi Rp 2,2 triliun per Juli 2019. Agunan yang dijaminkan Duniatex kepada Bank Mandiri pun memiliki coverage ratio sebesar 160% dari nilai utang.

"Tidak pernah menunggak pembayaran cicilan kredit. Itu kenapa di buku kami masih kol-1. Coverage ratio-nya juga bagus, tapi semua sedang kita upayakan beragam cara untuk melakukan restrukturisasi," jelasnya di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (28/8).

(Baca: Kredit Bank Mandiri ke Duniatex Rp 1,7 Triliun, Belum Kategori Macet)

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas turut menegaskan bahwa yang saat ini menghadapi gagal bayar (default) kupon obligasinya adalah anak usaha Duniatex Grup yakni PT Delta Merlin Dunia Textile (DMDT).

Sebagai informasi, anak usaha Duniatex Grup, DMDT mengalami gagal bayar (default) kupon obligasi. Gagal bayar ini terjadi hanya berselang empat bulan dari penerbitan obligasi tersebut pada Maret 2019, yang bernilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,26 triliun dengan kupon 8,625% per tahun.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...