Di Depan Jokowi, Warga Gadaikan Sertifikat Tanah untuk Beli Mobil

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2019, 18:23
Jokowi saat berdialog dengan warga Purworejo, Jawa Tengah, yang ingin menggadaikan sertifikat tanah untuk membeli mobil.
Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi saat berdialog dengan warga Purworejo, Jawa Tengah, yang ingin menggadaikan sertifikat tanah untuk membeli mobil.

Ada peristiwa jenaka ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sertifikat tanah di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8). Hal itu terjadi ketika salah seorang warga mengaku akan menggadaikan sertifikat tanah yang diperoleh untuk membeli mobil.

Peristiwa itu bermula ketika Jokowi dalam sambutannya menanyakan apakah ada warga Purworejo yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya, setelah diberikan pemerintah. Warga awalnya malu-malu menjawab pertanyaan Jokowi.

Kepala Negara lantas memaklumi jika ada warga Purworejo yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya. Asalkan, hal itu dilakukan untuk kegiatan yang produktif.

Selain itu, Jokowi meminta warga Purworejo berhitung lebih dulu sebelum menggadaikan tanahnya. “Bukan pinjam hanya untuk membeli televisi, sepeda motor, dan mobil. Hilang sertifikatnya kalau dipakai untuk hal yang tidak produktif,” kata dia di Jawa Tengah, Kamis (29/8).

(Baca: Pemerintah Target Sertifikasi Seluruh Tanah di Jawa Tengah Tuntas 2023)

Pernyataan Jokowi itu lantas disambut meriah oleh warga Purworejo yang hadir dalam acara pembagian sertifikat tanah tersebut. Mantan Wali Kota Solo itu lalu kembali bertanya apakah ada warga yang ingin menggadaikan sertifikat tanahnya.

Kali ini, banyak warga yang mengacungkan tangannya. Jokowi lalu memanggil salah satu warga, yakni Tri Nurul Hayati.

Nurul menjelaskan bahwa tanah seluas 513 meter persegi miliknya sudah disertifikasi. Jokowi kemudian bertanya kepada Nurul, berapa uang yang ingin dipinjamnya dengan menggadaikan sertifikat lahan.

“Kurang lebih Rp 50 juta. Cukup tidak, Pak?” jawab Nurul yang disambut tawa Jokowi dan warga lainnya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...