Jokowi Imbau Masyarakat Papua Tetap Tenang dan Tak Melakukan Kekerasan

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2019, 21:03
Jokowi, Papua
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Papua tetap tenang dan tidak bertindak anarkis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Papua, khususnya yang berada di Jayapura, tetap tenang. Kepala Negara juga meminta masyarakat Papua tidak melakukan tindakan-tindakan kekerasan.

Jokowi menilai tindakan kekerasan tak tepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada. “Kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak,” kata Jokowi di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8).

Advertisement

Jokowi juga memerintahkan Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk melakukan tindakan tegas kepada siapapun yang melanggar hukum. Hal tersebut tak hanya berlaku untuk mereka yang bersikap anarkistis, namun juga para pelaku rasialisme terkait Papua.

(Baca: Telkom Amankan Aset pasca Kerusuhan Jayapura)

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan pemerintah terus berkomitmen memajukan Papua. “Baik di bidang fisik maupun SDM, agar kita semuanya, utamanya, khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu lantas meminta agar semua pihak menjaga Papua tetap menjadi wilayah yang damai. Dia mengajak para tokoh adat, kepala suku, tokoh agama, hingga kaum muda Papua untuk bisa melakukannya bersama-sama.

“Sekali lagi mari kita jaga tanah Papua sebagai tanah yang damai,” ucapnya.

(Baca: PLN Hidupkan Listrik di Jayapura Tunggu Kebakaran Padam)

Pernyataan Jokowi ini merespon kerusuhan yang terjadi di Jayapura, Papua pada Kamis (29/8). Awalnya, ribuan massa yang menolak rasialisme terhadap masyarakat Papua turun ke jalan dengan berjalan kaki maupun mengendarai sepeda motor.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement