Alexander Marwata, Petahana yang Lolos Seleksi Capim KPK

Image title
Oleh Abdul Azis Said
2 September 2019, 20:15
Capim KPK, nama-nama calon pimpinan KPK, Pansel Capim KPK, Alexander Marwata, profil capim KPK
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (ketiga kiri) berbincang dengan capim KPK lainya saat bersiap mengikuti tes kesehatan Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 20 orang yang dinyatakan lolos dalam tes \"profile assessment\" Capim KPK masa jabatan 2019-2023 mengikuti tes kesehatan tersebut.

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah menyerahkan sepuluh nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (2/9). Dari sepuluh nama tersebut, nantinya nama-nama tersebut akan disampaikan Presiden kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk kemudian dipilih lima nama yang akan ditetapkan menjadi pimpinan KPK definif. 

Salah satu nama yang masuk di dalam daftar tersebut adalah Alexander Marwata, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua KPK. Pria berusia 52 tahun ini menjadi satu-satunya petahana yang lolos seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

Sebelum berkarir di lembaga anti-rasuah, tak ada yang menyangka karirnya akan berlabuh sebagai pengawas tindak korupsi seperti saat ini. Alexander Marwata memiliki latar belakang pendidikan sebagai auditor. Ia adalah lulusan program Diploma IV Akuntansi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Marwata memulai kariernya sebagai auditor di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sejak 1987 hingga 2011. Setelah 8 tahun bekerja di BPKP, ia tertarik melanjutkan pendidikannya di bidang hukum. Ia pun mengambil S1 di jurusan Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI). Marwata tetap bekerja di BPKP sembari kuliah. 

Setelah puluhan tahun berkarier di BPKP, dengan gelar sarjana hukumnya Marwata kemudian bertransformasi menjadi seorang hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ia menjadi hakim ad hoc untuk tindak pidana korupsi pada 2012. Barulah pada 2015, Alexander terpilih sebagai satu dari lima pimpinan KPK untuk periode 2015-2019.

(Baca: Daftar 10 Nama Capim KPK yang Disetor ke Jokowi)

Sempat Enggan Maju Lagi sebagai Capim KPK

Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini sebelumnya pernah menyebut tidak ingin ikut lagi dalam proses seleksi Capim KPK. Selama empat tahun menjalani tugasnya di lembaga antirasuah tersebut, Marwata merasa tenaganya sudah cukup terkuras. 

"(Enggak maju lagi) sudah capek," kata Marwata seperti dikutip Kumparan, Rabu (30/1). Selain alasan pekerjaan yang padat, Marwata menilai perlu adanya regenerasi pimpinan sehingga posisinya saat itu masih mungkin untuk diisi nama-nama lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...