Lazada Bawa Mustika Ratu Tembus Pasar Tiongkok Lewat Tmall

Penulis: Pingit Aria

4/9/2019, 16.52 WIB

Mustika Ratu akan membuka flagship store di Tmall pada akhir 2019.

Penandatanganan kerja sama antara Lazada, Mustika Ratu, dan Tmall di Jakarta, Rabu (4/9). Mustika Ratu akan membuka flagship store di Tmall pada akhir 2019.
Katadata/Pingit Aria
Penandatanganan kerja sama antara Lazada, Mustika Ratu, dan Tmall di Jakarta, Rabu (4/9). Mustika Ratu akan membuka flagship store di Tmall pada akhir 2019.

Lazada membantu merek kosmetik lokal Mustika Ratu untuk menembus pasar Tiongkok melalui Tmall, platform belanja online lintas batas terbesar di Tiongkok milik Alibaba Group. Mustika Ratu akan membuka flagship store di Tmall pada akhir 2019.

Chun Li, Co-President Lazada Group dan CEO Lazada Indonesia menyatakan senang bisa bekerja sama dengan Mustika Ratu. "Kerja sama ini menunjukkan komitmen kami untuk memberdayakan  pelaku usaha dan banyak brand asli Indonesia dalam upaya mereka memanfaatkan meningkatnya permintaan konsumen Tiongkok akan produk-produk impor berkualitas.”katanya di kantor Lazada, Jakarta, Rabu (4/9).

(Baca: Pendapatan Alibaba Tembus Rp 237,7 Triliun per Juni 2019)

Chief Executive Officer PT Mustika Ratu, Tbk Bingar Egidius Situmorang optimistis produk kecantikan herbal memiliki pangsa pasar yang baik di Tiongkok. Meski, ia tak menyebutkan target spesifik.

“Kemitraan ini sejalan dengan misi kami untuk mengembangkan pasar ekspor dan mendekatkan produk kami ke konsumen global, dengan Tiongkok sebagai target pasar utama kami di tahun 2020,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy General Manager of Tmall Global Qian Yi mengatakan, Tmall adalah mal online premium bagi banyak brand internasional. Dalam kerja sama ini, Tmall akan mendukung Mustika Ratu untuk mengembangkan toko online, termasuk distribusi produknya di Tiongkok. “Kami akan memberikan platform pemasaran, tanpa harus memilik operasional fisik di sana.”

Menurutnya, ekosistem Alibaba mencakup ratusan juta pengguna internet di Tiongkok. “Maka kami senang bisa membantu Mustika Ratu untuk menjangkau pasar yang sangat besar ini,” 

(Baca: Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara)

Ia menyebut, dalam tiga tahun terakhir, masyarakat Tiongkok semakin melek internet. Tak hanya di kota besar, belanja online menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota kecil, hingga daerah pinggiran.

Internet membuat mereka mengenal berbagai produk dari luar negeri, seperti Eropa, Amerika, Jepang dan Korea Selatan. Lalu, mereka juga menginginkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. “Inilah peluang produk Indonesia, karena memiliki value for money yang baik,” kata Qian Yi.

Tmall sebelumnya telah memasarkan beberapa produk makanan Indonesia di platformnya. Namun, Mustika Ratu adalah merek pertama untuk kategori kacantikan. "Tentu kami ingin membawa lebih banyak lagi merek Indonesia ke Tiongkok," katanya.

Per Juli 2018, lebih dari 50% konsumen Tmall berusia di bawah 27 tahun yang didominasi oleh kelas menengah yang gemar mencoba hal baru. Tmall Global kini menghadirkan 20 ribu brand internasional yang berasal dari 4.000 kategori dari 77 negara dan wilayah.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan