RI Pastikan Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta Surabaya dengan Jepang

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Happy Fajrian

9/9/2019, 19.14 WIB

Di tengah ketertarikan Tiongkok dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, pemerintah memastikan akan menggarap proyek itu dengan investor dari Jepang.

kereta cepat jakarta surabaya, tiongkok, jepang, luhut binsar pandjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Di tengah ketertarikan Tiongkok dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, pemerintah memastikan akan menggarap proyek tersebut dengan investor dari Jepang.

Menanggapi ketertarikan pemerintah Tiongkok untuk berinvestasi pada proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa pemerintah lebih memilih untuk mengerjakan proyek tersebut dengan Jepang.

"Saya pikir masih prefer Jepang. Saya pikir agak sulit kalau Tiongkok karena Jepang benar-benar ingin untuk masuk di proyek itu. Kita juga lihat Jepang ini long time investor di Indonesia. Jadi Jepang sudah cukup maju dengan itu," katanya di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Senin (9/9).

Adapun saat ini, pemerintah sedang melakukan kerjasama yang cukup serius dengan Jepang. Kerjasama proyek kereta cepat ini disebutkan ia sedang didalami bersama Japan International Cooperation Agency (JICA).

Luhut melanjutkan, proyek tersebut kini telah masuk tahap studi dan menunggu untuk finalisasi. Sebelum studi selesai, pemerintah akan terlebih dahulu menandatangani nota kesepahaman dengan Jepang.

(Baca: Swasta Rencana Diajak Terlibat Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya)

Namun, ia berharap Jepang tidak kembali bertindak semaunya dalam proyek ini. Termasuk dalam kandungan komponen asli dari Indonesia serta Jepang diminta untuk melakukan transfer teknologi kepada Indonesia dalam melakukan proyek ini.

"Tapi Jepang juga tidak boleh semau dia juga. Jadi kita harus lihat, ya jangan seperti MRT yang dikunci. Kita juga punya kebebasan konten lokal, transfer teknologi, seperti itu lah," ucap dia.

Sebelumnya, perusahaan kereta api asal Tiongkok, China Railways Construction Corporation (CRCC) mengungkapkan niatnya untuk kembali bergabung dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Niat tersebut diutarakan saat Chairman Railway Construction Coorporation Limited, Chen Fenjian menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan pekan lalu.

(Baca: Luhut Akui Tawaran Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Jepang Lebih Murah)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN